Sahabat Sineas- Pipiet Senja

Contoh Teks Drama

Pementasan drama baik di TV ataupun teater selalu menggunakan panduan berupa teks drama. Melalui skrip ini, para pemain drama berusaha untuk mengikuti alur cerita dan menjiwai karakter yang ia mainkan. Alur cerita juga dituangkan secara mengalir melalui teks drama. Ada banyak sekali contoh teks drama yang bisa dijadikan sebagai referensi, terutama bagi yang sedang berlatih menulis.

Pengertian Drama

Drama adalah sebuah karya sastra yang ditulis dalam bentuk percakapan, dialog, atau obrolan yang nantinya akan dipentaskan atau dipertunjukkan di depan banyak orang. Drama biasa juga disebut teater. Teks drama adalah sebuah naskah mengenai jalan cerita sebuah drama yang disiapkan dalam bentuk perbincangan atau obrolan dan gerakan sebagai pedoman pementasan drama. Drama biasanya menyampaikan suatu pesan kepada penontonnya.

Unsur-Unsur di dalam Drama

Contoh Teks Drama

Untuk bisa memenuhi syarat sebagai sebuah drama yang baik, drama harus memenuhi syarat unsur-unsur drama yaitu sebagai berikut:

a.     Memiliki tema, yaitu ide pokok atau sebuah gagasan yang digunakan dalam drama. Tanpa tema, maka drama tidak akan berjalan dengan baik.

b.     Memiliki alur, yaitu jalan cerita drama sejak mulai hingga drama berakhir. Baik itu alur maju, mundur, maupun alur campuran.

c.     Tokoh yang terdiri dari tokoh utama (protagonis dan antagonis) serta tokoh pendukung.

d.     Watak yaitu perilaku yang diperankan oleh para tokoh dalam drama. Watak terdiri dari 2 jenis yaitu protagonist dan antagonis.

e.     Latar yaitu gambaran tempat, waktu, dan kondisi yang terjadi dalam kisah drama yang sedang berjalan.

f.       Amanat yaitu pesan yang ingin disampaikan oleh pengarang kepada semua penonton.

Ciri-Ciri Teks Drama

Contoh Teks Drama

Teks drama yang baik selalu memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

a.     Semua cerita dalam drama harus berbentuk dialog dan memiliki narasi, baik bagi para tokoh ataupun naratornya. Semua ucapan mutlak ditulis dalam bentuk teks.

b.     Obrolan yang ditulis dalam drama tidak menggunakan tanda petik. Karena bukan merupakan kalimat langsung.

c. Naskah drama harus dibekali dengan petunjuk kepada tokoh/pemeran yang bersangkutan. Petunjuk ini biasa ditulis dalam tanda kurung atau memakai format huruf yang berbeda.

d. Naskah petunjuk dalam drama ditulis di atas atau di samping dialog.

Contoh Teks Drama Eksposisi

Eksposisi adalah bagian awal dari sebuah naskah drama yang menunjukkan ruang, waktu, karakter, suasana hati, dan tingkat kenyataan drama tersebut. Ada beberapa contoh yang harus diperhatikan ketika menulis bagian eksposisi dalam drama, diantaranya adalah:

a.     Awal sebuah drama berisi informasi/setting yang erat kaitannya dengan informasi latar belakang alur cerita drama tersebut. Eksposisi digunakan untuk mengawali adegan.

b.     Kegunaan eksposisi adalah untuk memulai cerita drama.

c.     Eksposisi berisi insiden yang menggugah pada pertanyaan-pertanyaan dramatik ataupun benang merah cerita drama tersebut.

Bersambung

(Visited 8 times, 1 visits today)

By Pipiet Senja

Pipiet Senja, sastrawati Nasional, menulis sejak 1975. Berbagai genre, terutama tentang perempuan. Ribuan cerpen dan ratusan novel telah ditulis, tetapi yang baru diterbitkan sebagai buku 203. Mentor Literasi untuk santri Askar Kauny. Mentor kelas menulis TKI; Hongkong, Malaysia, Singapore, Mesir, Mekkah dlsbnya. Aktivitas Manini 65 tahun dengan lima cucu ini selain menulis, wara-wiri ke rumah sakit sebagai penyintas Thallasemia. Suka diminta Orasi dan baca puisi, sebab ia pun Aktivis 212. Pesannya:"Menulislah yang baik-baik saja, jangan menyesatkan, sebab kelak tulisan kita akan dimintai tanggung jawab. Salam Literasi."

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

%d blogger menyukai ini: