Bola Voli merupakan salah satu cabang olahraga yang paling populer setelah sepakbola. Voli dimainkan secara beregu. Masing-masing regu dalam permainan bola voli terdiri dari enam orang pemain.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) online, voli adalah bola yang terbang atau melayang sebelum menyentuh tanah.
Bola voli menjadi satu di antara olahraga favorit di Indonesia. Bisa dibilang, voli merupakan olahraga ‘rakyat’ lantaran olahraga permainan satu ini dimainkan masyarakat dari berbagai kalangan di seluruh penjuru Indonesia.

Di kampung, desa, hingga kota tidak sulit dijumpai lapangan voli, meski mungkin terkesan ala kadarnya. Hal ini menunjukkan voli menjadi olahraga kegemaran untuk dimainkan.

Meski termasuk satu di antara olahraga populer dan favorit, masih banyak orang yang belum paham atau mengetahui istilah-istilah dalam permainan bola voli.

Berikut ini daftar istilah dalam permainan bola voli yang berhasil dihimpun dari berbagai bahan informasi terpercaya.

Spiker (left/right forward), merupakan penyerang dalam olahraga bola voli yang harus memiliki pukulan kencang dan menukik tajam agar lawan kesulitan untuk mengembalikan bola.

Libero (center back), Pemain ini dicirikan dengan warna seragam yang berbeda serta memiliki postur tubuh lebih pendek dibanding pemain lain. Hal ini karena libero bebas mengisi posisi manapun dan tugas utamanya adalah membendung pukulan spike dari pemain lawan.

Ace Spiker,  adalah pemain bola voli yang bertugas untuk menyerang lawan dengan bola-bola open atau pembuka tinggi di atas net.

All Round Spiker,  yaitu pemain bola voli yang bertuhas menyerang lawan dan memiliki kemampuan untuk bertahan

Blocker , merupakan pemain bola voli yang bertugas melakukan blocking smash dari lawan.

Change of Court, diartikan bahwa masing-masing tim harus melakukan pertukaran area bermain.

Change of Position, diartikan sebagai waktu pertukaran posisi pemain.

Biasanya hal ini terjadi saat setelah melakukan servis, sehingga mereka akan berpindah sesuai dengan urutannya.

Cover Close,  adalah istilah dalam bola voli yang digunakan untuk menutup daerah sendiri secara rapat. Biasanya hal ini dilakukan saat ada serangan dari lawan datang secara bertubi-tubi.

Cross Spike, Pengertian istilah cross spike digunakan saat pemain melakukan smash silang sehingga mereka akan memukul bola ketika mendapatkan umpan silang dari toser.

Smash, Ada tiga macam istilah dalam smash, yaitu quick smash, semi smash, dan push smash.

Quick smash adalah pemain bola voli yang memiliki kemampuan smash cepa

Sementara semi smash ialah pemain yang bisa melakukan smash dengan umpan bola tanggung.

Push smash adalah pukulan yang dilakukan menggunakan umpan dorongan bola.

Spike, dalam olahraga voli adalah pukulan yang kuat serta diarahkan secara keras yang bertujuan untuk mengembalikan bola ke dalam area tim lawan.

Toser, seorang Toser bertugas untuk memberikan umpan kepada smasher sehingga bisa melakukan pukulan terhadap bola.

Jenis pukulan dalam olahraga bola voli

Istilah dalam olahraga bola voli lainnya yang harus diketahui berhubungan dengan aturan bahwa satu tim hanya boleh menyentuh bola 3 kali dalam satu sesi.

Servis yakni pukulan pertama dalam setiap reli disebut sebagai servis. Ini adalah teknik dasar bola voli yang bisa menentukan jalannya permainan.

Pemain yang melakukan servis disebut server. Biasanya, server menggunakan satu tangan mengayun di atas kepala untuk ‘menerbangkan’ bola melewati net ke area lawan. Namun, pemain pemula juga bisa melakukan servis bawah dengan satu kepalan tangan tertutup.

Passing Adalah kontak pertama setelah bola diservis dengan penerima servis disebut sebagai passer. Biasanya, passing dilakukan dengan lengan terulur, tapi bisa juga dengan dua telapak tangan yang melambungkan bola.

Set merupakan kontak kedua setelah pass, dan pemain yang melakukannya disebut setter. Set biasanya bisa berupa umpan kepada spiker.

Spike, biasanya merupakan kontak ketiga atau terakhir dalam satu sesi penguasaan bola sebuah tim dan dilakukan dengan satu smash tajam ke bidang permainan lawan.

Dig adalah salah satu bentuk pertahanan tim, yakni ketika seorang pemain menahan bola serang, baik dengan telapak tangan, bagian lengan, maupun bagian tubuhnya yang lain.

Block , bentuk pertahanan, yakni dengan menahan bola serang tepat di depan net dengan cara mengangkat tangan setinggi mungkin.

Dig dan block tidak dihitung sebagai salah satu dari 3 kontak dengan bola. Satu reli biasanya terdiri atas servis, pass, set, spike, dig/block, set, spike, dan seterusnya.

Aturan dasar dalam permainan bola voli

Istilah dalam permainan bola voli lainnya berhubungan dengan aturan dasar yang berlaku di dalam olahraga itu sendiri. Beberapa istilah yang harus Anda kuasai antara lain:

  1. 21 Vs. 15

Sebuah tim harus memenangi 2 dari 3 set yang dimainkan dalam olahraga ini. Set pertama dan kedua akan berakhir saat satu tim meraih angka 21, sedangkan set ketiga hanya dimainkan hingga poin 15. Tim harus menang dengan selisih minimal 2 poin tanpa ada batasan maksimal.

  1. Rotasi pemain

Pemain harus berganti posisi setiap terjadi 7 poin beruntun untuk memastikan permainan berlangsung lebih imbang dan menarik. Penentuan pergeseran posisi ini hanya diketahui oleh wasit dan para pemain dalam tim itu sendiri.

  1. Let (servis)

Ini terjadi saat bola servis menyentuh net dan mendarat di dalam area permainan lawan sehingga servis harus diulang satu kali lagi. Jika servis mengenai net dan mendarat di luar lapangan, poin akan langsung diberikan untuk tim lawan.

4. Double

Saat melakukan set, pemain harus memastikan bola melambung tanpa menyebabkan putaran agar tidak dinyatakan fault karena terjadi double. Kondisi ini biasanya hanya diketahui oleh wasit dengan mata elang.

  1. Lift

Ini juga bentuk pelanggaran, yakni ketika pemain mengangkat bola dengan telapak tangan terbuka atau karena ia terlihat seperti memegang bola saat melakukan setting.

6. Foot fault

Kesalahan ini dilakukan oleh server yang menginjak garis belakang atau melakukan servis di dalam bidang permainan.

Demikian tentang beberapa istilah dan aturan dalam permainan bola voli, semoga bermanfaat.

Sumber: Diolah dari berbagai sumber internet

(Visited 28 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.