HZB Palaguna

Judul : Pemuda Sulawesi Selatan, Kenangan Kepada H.Z.B. Palaguna

Penulis : Goenawan Monoharto dkk.

Penerbit : Biro Kesejahteraan Agama & Pemberdayaan Perempuan Kerja Sama Lamacca Press

Tempat : Makassar

Tahun : 2002

Jumlah Halaman : xii + 155 Hal.

Ukuran : 14 x 20,5 cm

ISBN : –

Tujuan utama penulisan buku ini menurut ketua tim penulis adalah untuk mendokumentasikan semua hal yang berkaitan dengan pembinaan kepemudaan selama masa kepemimpinan Gubernur Sulawesi Selatan, H. Zainal Basri Palaguna atau HZB Palaguna. Selain itu, diharapkan oleh tim penulis agar buku ini kelak dapat dijadikan bahan masukan dalam pelaksanaan pembinaan generasi muda Sulawesi Selatan dimasa yang akan datang.

Gubernur Sulawesi Selatan pada masa itu HZB Palaguna dalam sambutannya mengharapkan penerbitan buku ini kan semakin terbuka bagi pemerintah Sulawesi Selatan untuk mengetahui pergerakan generasi muda dari masa ke masa, terutama peran pemuda dalam pembangunan daerah dan permasalahan yang dihadapi generasi muda.

Buku ini terbagi dalam 5 bab, dan masing masing bab terbagi lagi menjadi sub-sub bab. Diawali dengan kata pengantar dari tim penulis, sambutan dari Gubernur Sulawesi Selatan waktu itu yaitu HZB Palaguna.

Bab pertama menguraikan secara ringkas refleksi pemuda sebelum kemerdekaan dan perjuangan pemuda di Makassar. Selanjutnya ada kisah kisah perjuangan pemuda di Makassar pada masa kemerdekaan, termasuk diantaranya pengibaran bendera merah putih di Makassar untuk pertama kali setelah kemerdekaan oleh kelompok Pemuda kampung Layang dan kelompok Pemuda Lariangbangi.

Tokoh Pemuda Pejuang Robert Wolter Monginsidi, A. Rivai Paerai,  Manai Sophian, Syamsuddin Daeng Ngerang, dan Pajonga Daeng Ngalle Karaeng Polombangkeng dibahas pula secara ringkas pada bagian pertama ini.

Dijelaskan pula bagaimana awal pembentukan organisasi pemuda seperti Jong Sumatra, Jong Ambon, Jong Celebes dan organisasi kepemudaan lainnya semasa pra kemerdekaan, sampai peran pemuda pada masa kemerdekaan.

Selanjutnya pada bagian kedua adalah kiprah pemuda pada era HZB Palaguna. Dibahas pula tentang dukungan Organisasi Kepemudaan seperti FKPPI, AMPI, GM KOSGORO untuk mencalonkan HZB Palaguna sebagai Gubernur Sulawesi Selatan setelah berakhirnya masa jabatan Gubernur Sulawesi Selatan sebelumnya yaitu Ahmad Amiruddin. Bagaimana peran Organisasi kepemudaan dalam periode kedua HZB Palaguna sebagai Gubernur Sulawesi Selatan dengan segala permasalahannya juga dibahas pada bagian kedua ini.

Peran organisasi kepemudaan dibahas pada bab atau bagian ketiga. Dibahas pula tentang pengkaderan pada beberapa Organisasi Kepemudaan (OKP), perlunya OKP meniru sistem pengkaderan pada organisasi pemuda di kampus seperti HMI, IRM, IPNU dan Pemuda Muhammadiyah karena dianggap lebih sistematis. Diuraikan pula perlunya Dinas Kepemudaan, terobosan pemuda produktif, pembinaan akhlak, dan komitmen Organisasi Kepemudaan dengan HZB Palaguna.

Bab keempat menjelaskan tentang Karya pemuda, refleksi kepemudaan tahun 2002 yaitu bagaimana arah pemikiran dan tindakan serta gagasan pemuda yang substantif bagi perkembangan kepemudaan di Sulawesi Selatan. Secara ringkas diuraikan pula langkah langkah konkrit yang harus dijalani oleh organiasi kepemudaan tahun 2002 dan pencarian identitas para pemuda.

Bagian terakhir tentang Pemuda Pelopor, bagaimana jiwa kepeloporan generasi muda, kesukarelaan, kejuangan, kerja keras dan kemandirian. Untuk menumbuhkan semua sifat sifat itu, perlu adanya pemberian penghargaan (rewards) atas jiwa kepeloporan yang dicapai oleh pemuda, baik yang ditingkat daerah, provinsi maupun nasional. Sebagian topik yang dibahas pada bagian ini yaitu : pelestarian budaya dan kesenian, ekonomi kerakyatan, budidaya ikan air tawar, ekonomi kerakyatan seni budaya.

Isi buku ini diakhiri dengan lampiran berbagai daftar, misalnya daftar organisasi kepemudaan, daftar majelis pemuda Indonesia (KNPI), susunan pengurus KNPI, data dan kualifikasi Karang Taruna di Sulawesi Selatan, profil Pemuda Pelopor Pembangunan Provinsi Sulawesu Selatan, dan daftar nara sumber baik instansi dan perorangan yang menjadi rujukan penulisan buku ini.

Buku ini koleksi layanan Perpustakaan Abdurrasyid Daeng Lurang, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Selatan.

Suharman Musa : Pustakawan, dapat dihubungi pada e-mail : shrmnms@gmail.com pesan WA : 085241699630.

tt

(Visited 30 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.