Sastri Bakry – Penyaji Pipiet Senja

40 Surat Masuk Nominasi LMSI, Peserta Diminta Presentasikan

Padang , Desember
Sebanyak 40 surat dinyatakan lolos masuk nominasi pada Lomba Menulis Surat Untuk Ibu (LMSI) tahun 2023 yang diselenggarakan DPD SatuPena Sumatera Barat. Surat yang masuk ke panitia hampir seribuan dari siswa dan guru SMA, SMK dan Madrasah Aliyah se-Sumatera Barat.

Demikian dikatakan Ketua Panitia Pelaksana Lomba Menulis Surat Untuk Ibu Andri Satria Masri, Senin (11/12/2023) dalam keterangan persnya. Dikatakan, Lomba Menulis Surat Untuk Ibu yang sudah dimulai sejak September 2023 lalu, dengan akhir penerimaan naskah pada akhir Nopember 2023.

“Dari 40 surat yang masuk nominasi tersebut, terdiri dari dua kategori. Yakni kategori siswa sebanyak 20 surat dan kategori guru 20 surat. Yang masuk nominasi, diminta mempresentasikan dihadapan dewan juri yang dilaksanakan pada Kamis 14 Desember 2023 di aula Kantor Dinas Kebudayaan Provinsi Sumatera Barat Jalan Samudera Kota Padang. Dari presentasi tersebut, maka dewan juri menetapkan juara 1, 2, 3, harapan 1 hingga 5 untuk masing-masing kategori,” kata Andri Satria.

Dikatakan Andri Satria, dewan juri terdiri dari akademisi Dr. Hasanuddin Dosen Universitas Andalas Padang, praktisi wartawan utama Yurnaldi dan Ketua DPD SatuPena Sumbar Sastri Bakry, penulis dan sastrawan yang sudah banyak meraih penghargaan di bidang kepenulisan.
Sastri Bakry menyebutkan, dari naskah yang masuk diluar dugaan sehingga dewan juri harus kerja keras menseleksi surat-surat yang masuk. “Dari surat-surat yang masuk tersebut, umumnya kita dapat mengetahui bagaimana hubungan komunikasi anak-anak ibunya. Selain itu, juga impian anak-anak terhadap masa depannya,” kata Sastri

Sekretaris DPD SatuPena Sumbar Armaidi Tanjung menambahkan, sebagian dari surat-surat yang masuk tersebut sudah diseleksi di masing-masing sekolah melalui lomba menulis surat untuk ibu di internal sekolah. “Seperti di SMA 1 Sungai Limau Kabupaten Padang Pariaman yang menyelenggarakan lomba di internal sekolah. Para pemenangnya pun diberikan hadiah berupa uang tunai dari pihak sekolah dan sejumlah buku dari DPD SatuPena Sumatera Barat pada awal Nopember 2023 lalu,” kata Armaidi.

Nama yang masuk Nominasi

Berikut ini nama-nama yang masuk nominasi yang diminta mempresentasikan suratnya. Untuk kategori siswa adalah Thalya Kalica Zahra (SMAN 5 Padang), M. Dhafa (SMAN 5 Padang), Aesha Anindya (SMAN 5 Padang), Wilda Kartika Nasution (SMAN 5 Padang), Dania Oktavia (MAN 1 Padang Pariaman), Putri Diana Alam Santika (SMAN 1 Sungai Limau), Aulya Putri (MAN 3 Padang Panjang), Noveliya Ahmuriz (SMAN 1 Lubuk Sikaping), Rismania Juwita (SMAN 1 Pariaman), Siti Nuraini (SMAN 1 Sungai Limau), Yuri Azzahra (MA Thawalib Parabek Sumatera), Aprida Kristin Sakarebau (SMK 3 Kepulauan Mentawai), Henni Sri Widya Ningsih (SMAN 1 Nan Sabaris), Aliefya Sunjaya (SMAN 1 Akabiluru 50 Kota), Meysha Rantika Campako (SMAN 1 Sungai Limau), Faizatunnawa Alisha Fatima Tuzzahra (Diniyah Putri Padang Panjang), Nezy Desti Ananda (SMAN 3 Solok), Tasya Ulfarah (SMAN 5 Padang), Khoiratul Mardiyah (SMAN 5 Padang), Ghaitsa Rahman Karim (SMAN 5 Padang).

Untuk kategori guru adalah Ridha, S.Sos., M.M. (SMAN 5 Padang), Soni Huriyanto (SMA Praja Nusantara Sumbar), Putri Handayani, S.Pd. (MA Perguruan Islam Ar Risalah), Rahmi Yulianti, S.Pd. (MAS Diniyah Putri Padang Panjang), Winda Azmi (SMA IT Insan Cendekia Payakumbuh), Fadila Syuhadha, S.Hum, M.Hum. (SMA IT Insan Cendekia Payakumbuh), Suci Kurnia Putri, S.Pd. (SMA Islam Al Ishlah Bukittinggi), Zamzami Husni (SMAN 16 Padang), Dian Sarmita, M.Pd. (SMAN 1 Solok Selatan), Rilda Gumala (SMK PP Padang), Henny Wilya, S.Pd. (SMAN 2 Sungai Limau), Riyan Fernandes (SMK PP Negeri Padang), Sinta Iryani, S.Pd. (MAS IT Darul Hikmah), Erlinawati, M.Pd. (SMAN 1 Sungai Limau), Syafri Roza, S.Pd. (SMAN 1 Sipora), Azizah Pratiwi, (SMKN 1 Lingo Sari Baganti), Yunadi Hijrah, S.Pd (MAN 3 Padang Panjang), Arif Fariansyah,M.Pd (SMA IT Insan Cendikia Payakumbuh), Lili Suriade, S.Pd (SMAN 5 Sijunjung), Eka Teresia, S.Pd., M.M (SMKN 6 Padang).

(Visited 32 times, 1 visits today)
Avatar photo

By Pipiet Senja

Pipiet Senja, sastrawati Nasional, menulis sejak 1975. Berbagai genre, terutama tentang perempuan. Ribuan cerpen dan ratusan novel telah ditulis, tetapi yang baru diterbitkan sebagai buku 203. Mentor Literasi untuk santri Askar Kauny. Mentor kelas menulis TKI; Hongkong, Malaysia, Singapore, Mesir, Mekkah dlsbnya. Aktivitas Manini 67 tahun dengan lima cucu ini selain menulis, wara-wiri ke rumah sakit sebagai penyintas Thallasemia. Suka diminta Orasi dan baca puisi, sebab ia pun Aktivis 212. Pesannya:"Menulislah yang baik-baik saja, jangan menyesatkan, sebab kelak tulisan kita akan dimintai tanggung jawab. Salam Literasi."

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.