Oleh: Rosmini*

Kalau Anda membeli buah nanas, bagian mana saja yang dikonsumsi? Biasanya nanas dikonsumsi sebagai irisan buah segar, campuran rujak atau diolah menjadi sirup dan selai. Sedangkan bagian lainnya dibuang atau dijadikan kompos. Tapi ternyata kulit nanas bisa jadi minuman bermanfaat loh.

Dikenal dengan nama Tepache, minuman fermentasi asal Meksiko ini dibuat dari kulit buah nanas yang dimaniskan dengan gula. Biasanya disajikan dingin dengan tambahan es batu dan sedikit taburan bubuk kayu manis. Saat meminumnya, Anda akan merasakan rasa manis, asam, dan sensasi soda alami yang dihasilkan dari proses fermentasi.

Tepache ini dikenal sebagai minuman probiotik yang tentu saja bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh dan memelihara kesehatan sistem pencernaan, terutama lambung dan usus. Karena masih jarang ditemukan, Anda bisa membuatnya sendiri di rumah.

Caranya cukup mudah;
Masukkan kulit nanas yang sudah dicuci bersih ke dalam wadah kaca. Tuangkan larutan gula jawa/brown sugar yang sudah dipanaskan sebelumnya (tunggu hingga hangat) ke dalam wadah sampai kulit benar-benar terendam. Setelah itu, tutup wadah menggunakan kain bersih dan ikat dengan karet/tali lalu simpan di suhu ruang.
Setelah 24 jam, cek kembali. Jika muncul gelembung atau buih putih di permukaan cairan, maka fermentasi dianggap berhasil.
Saring tepache dan buang kulitnya, masukkan ke dalam wadah tertutup dan simpan di dalam kulkas. Minuman tepache siap dikonsumsi.
Jika ingin rasa yang lebih asam, bisa difermentasi 2-3 hari sebelum disaring.

Mudah bukan? Selamat mencoba.
Salam sehat selalu.

Barru, 01 Juni 2024

*Penulis adalah PMHP Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kab. Barru

(Visited 79 times, 1 visits today)
Avatar photo

By Rosmini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.