Manula

Undang-Undang No. 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan, pada Pasal 1, Poin 6, menyatakan bahwa “Perpustakaan umum adalah perpustakaan yang diperuntukkan bagi masyarakat luas sebagai sarana pembelajaran sepanjang hayat tanpa membedakan umur, jenis kelamin, suku, ras, agama, dan status sosial-ekonomi.” Frasa yang menyebutkan ‘sarana pembelajaran sepanjang hayat’ tentu maksudnya adalah bahwa perpustakaan menjadi sarana belajar bagi semua umur, mulai dari anak anak, remaja, dewasa sampai manusia lanjut usia atau Manula. Perpustakaan harus selalu menyediakan sarana bagi komunitas atau masyarakat untuk mengakses segala macam informasi. Berbagai jenis informasi dapat diakses di Perpustakaan, misalnya informasi pengetahuan, budaya, sosial, ekonomi, politik dan lain lain.

Perpustakaan selalu menjadi pilar komunitas dimana seluruh warga bisa mengakses informasi, dari seluruh lapisan masyarakat. Bagi warga senior, atau manula, lembaga Perpustakaan dapat menawarkan layanan yang disesuaikan dengan usia penggunanya atau pemustakanya dalam rangka meningkatkan kualitas hidup, mempromosikan pembelajaran seumur hidup atau sepanjang hayat, dan membangun rasa komunitas mereka. Berikut ini beberapa kegiatan layanan perpustakaan yang dikhususkan bagi warga Manula dan memastikan mereka tetap semangat, aktif dalam bermsyarakat, dan aktif dalam memenuhi kebutuhan informasinya.

1.  Aksesibilitas dan kenyamanan.

Aksesibilitas adalah landasan dari layanan perpustakaan untuk orang tua. Aksesibilitas merujuk pada kemudahan akses dan penggunaan fasilitas publik (termasuk Perpustakaan) oleh semua orang, termasuk mereka yang lanjut usia (Manula) atau yang memiliki keterbatasan fisik atau disabilitas. Untuk itu Perpustakaan dapat melakukan kegiatan:

–  Layanan Pengiriman ke Rumah: Bagi mereka yang memiliki masalah mobilitas, misalnya warga Manula yang sudah susah bepergian, namun masih semangat membaca buku atau mengakses informasi perpustakaan lainnya, maka perpustakaan dapat menawarkan pengiriman buku atau majalah dan bahan bacaan lainnya ke rumah.

–  Buku berhuruf cetak besar (large-print books) dan buku audio (audio-books): Banyak kalangan manula yang sudah tidak lagi memiliki penglihatan yang sempurna dengan kata lain, mata sudah rabun dan kesulitan membaca buku buku dengan ukuran cetakan normal. Perpustakaan dapat melayankan buku buku dengan huruf cetakan besar atau buku audio, yaitu buku yang telah dibacakan dan direkam pada media tertentu lalu kemudian didengarkan melalu headset atau speaker. Buku audio ini sangat bermanfaat bagi Manula yang indra pendengarannya masih baik dan bermanfaat juga bagi para tuna netra.

–  Aksesibilitas Fasilitas : Manula biasanya sudah susah kalau harus naik tangga sehingga Perpustakaan perlu dilengkapi dengan ramp, lift, atau sarana  lainnya untuk memastikan bahwa semua Manula dapat mengakses layanan mereka dengan nyaman.

2. Program dan Acara yang disesuaikan

 Perpustakaan perlu memahami dan memfasilitasi berbagai minat dan kebutuhan warga Manula dengan menawarkan berbagai macam program dan acara, misalnya:

–  Klub Buku dan Grup Diskusi: Banyak lembaga perpustakaan menyelenggarakan klub buku khusus untuk orang tua atau warga Manula. Klub klub buku ini dapat mendorong interaksi sosial dan stimulasi intelektual para Manula.

– Workshop atau kursus khusus Manula: misalnya para manula diberikan layanan kursus penggunaan email, pengenalan aplikasi khusus untuk Manula bahkan bisa juga Seminar tentang silsilah keluarga dengan penggunaan teknologi. Perpustakaan dapat memberikan kesempatan bagi Manula untuk mempelajari keterampilan baru dan mengejar minat mereka.

Telecommunication Technology Togetherness Concept

– Program Kesehatan dan Kebugaran : Perpustakaan dapat menjalin kerjasama dengan organisasi kesehatan lokal  untuk menawarkan sesi pada topik seperti nutrisi, olahraga, dan kesehatan mental yang disesuaikan untuk orang dewasa atau Manula.

3. Dukungan Teknologi

Di era digital sekarang ini, warga manula juga merasa penting untuk tetap terhubung dengan dunia luar. Perpustakaan dapat memainkan peran penting dalam mengatasi kesenjangan digital untuk para manula misalnya dengan program :

– Kelas Komputer: Perpustakaan dapat menawarkan kelas tentang keterampilan komputer dasar, penggunaan internet, dan cara menggunakan smartphone dan tablet.

One-on-One Tech Help: Banyak perpustakaan menyediakan bantuan yang dipersonalisasi, membantu orang tua menavigasi teknologi baru dan sumber daya online. Membantu mencari dan mengakses berita online, atau sekadar mencari hiburan musik dan film lewat internet.

– Fasilitas Wi-Fi gratis dan Penyewaan Perangkat atau Gawai (gadget): Perpustakaan biasanya menyediakan WiFi gratis dan dapat meminjamkan atau menyewakan  perangkat seperti tablet dan e-readers, kepada warga terkhusus kepada Manula untuk memastikan Manula dapat tetap terhubung dengan dunia luar.

4. Peluang Sosial dan Rekreasi

Perpustakaan mempromosikan ikatan persaudaraan para manula dalam suatu komunitas  melalui berbagai kegiatan sosial dan rekreasi yang menyenangkan:

– Pembentukan kelompok kelompok pembuatan kerajinan (handycraft) dan hobi, misalnya mulai dari lingkungan kompleks perumahan atau desa dan kelurahan dibentuk klub pencinta bunga, klub kerajinan tangan, klub taman, perpustakaan menawarkan ruang bagi Manula untuk tetap terlibat dalam hobi favorit mereka meskipun sudah usia lanjut.

–  Program Seni dan Budaya: Banyak perpustakaan yang menyelenggarakan malam pemutaran film, pertunjukan musik, pembacaan puisi, dan pameran seni yang gratis atau murah untuk para manula.

–  Peluang sukarelawan:  Perpustakaan dapat menyediakan peluang bagi orang lanjut usia  untuk kembali aktif kepada komunitas mereka, baik melalui program mentoring atau membantu sebagai tenaga sukarela pada kegiatan kegiatan di perpustakaan misalnya pada acara Pameran Buku, atau Pekan Perpustakaan.

5. Informasi dan Layanan Referral

Terkadang Manula menemui kesulitan dalam mengelola dan menavigasi kompleksitas perawatan kesehatan, masalah hukum, dan layanan lainnya. Hal hal seperti itu cukup menkhawatirkan bagi mereka. Perpustakaan dapat menawarkan dukungan misalnya :

– Pusat Sumber Daya: Banyak perpustakaan memiliki bagian khusus dengan informasi tentang topik seperti perumahan khusus untuk manula, pemilihan tata cara perawatan kesehatan, dan perencanaan keuangan.

– Layanan Referral : Perpustakaan dapat membantu orang tua menemukan dan terhubung dengan sumber daya lokal, seperti layanan sosial, bantuan hukum, dan kelompok dukungan.

• Workshop dan seminar:  Perpustakaan sering menyelenggarakan sesi dengan para ahli yang memberikan bimbingan tentang isu-isu yang relevan untuk Manula, seperti perencanaan properti dan pelayanan kesehata.

6. Program antargenerasi

Mempromosikan pemahaman dan kerjasama antara generasi, perpustakaan menawarkan program yang membawa kelompok usia yang berbeda bersama, misalnya:

Sesi Bercerita:  Orang tua dapat berbagi pengalaman dan cerita mereka dengan generasi muda, mempromosikan rasa hormat dan belajar bersama.

Program mentoring:  Perpustakaan dapat memfasilitasi kesempatan mentoring di mana Manula dapat berbagi pengetahuan dan keterampilan mereka dengan anak anak muda dan orang dewasa muda.

Proyek Sejarah Keluarga:  Mendorong kolaborasi antara Manula dan keluarga mereka untuk mengeksplorasi genealogi (garis keturunan) dan mendokumentasikan sejarah keluarga seperti pembuatan silsilah keluarga atau menelusuran anggota keluarga atau kerabat.

Kesimpulan

Perpustakaan adalah lebih dari sekedar tempat untuk meminjam dan melayankan buku atau materi bacaan lainnya. Perpustakaan adalah pusat komunitas yang dinamis yang menawarkan layanan yang tak ternilai bagi warga senior atau Manula. Dengan menyediakan program yang disesuaikan kebutuhan mereka, memastikan aksesibilitas, menawarkan bantuan teknologi, mendorong keterlibatan sosial, dan berfungsi sebagai sumber informasi, perpustakaan secara signifikan meningkatkan kehidupan dan kesejahteraan para Manula. Melalui layanan khusus ini, perpustakaan menegaskan komitmen mereka untuk memperkaya kehidupan semua anggota komunitas, terlepas dari usia.

tt
(Visited 12 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.