Dunia tempat anda belajar tentang segala sesuatu. Tempat dimana kita dibentuk menjadi orang yang sukses dan luar biasa.Dimana setiap orang akan belajar sepanjang hayatnya. Tidak ada takaran gender,usia,serta segala latar belakang pendidikan,agama , maupun tidak beragama.semua harus ikut belajar di universitas ini.Suka ataupun tidak suka Gurunya adalah kehidupan itu sendiri. Disini setiap orang belajar selama 24 jam sehari dan 365 hari dalam setahun. Tak ada waktu jedah ,apalagi liburan .

Tjiptadinata Effendi (2014) dalam utasnya mata kuliah yang tersaji di Universitas kehidupan adalah :1). Keimanan 4 sks2). Ketekunan 4 sks3). Kejujuran 4 sks4). Ketabahan 4 sksSelanjutnya gelar non Akademiknya Ph. D(bukan Philosofi of Doktor) tapi Ph.D di University of Life P= Poor — miskin H= Hungry- kelaparan D= Desperate — penderitaanUniversitas Kehidupan Satu Satunya Universitas Yang Tidak Pernah Menerbitkan Ijazah. Dosen kehidupan, dalam universitas kehidupan saya orang tua saya, dosen tamu tersebut nama Ruslan Ismail Mage (RIM), Khusus memotivasiku dalam hal pemberdayaan potensi diri yang tadinya referensi pengetahuan saya cuma tersimpan d field folder otak, dengan gempuran yang 24 jam d universitas kehidupan tiap saat menerorku dengan bait sebagai teroris literasi dengan buku lembaran suci dengan title bengkel Narasi, yang servicenya setiap detik dalam 24 jam dengan metode self service, kita bisa menulis sepuasnya termasuk tulisan ini. Bertepatan dengan hardiknas. Kampusnya bernama Bengkel Narasi.

Dalam tulisan ini saya sertakan tulisan bagus yang disadur dari Buku “Sepatu Dahlan Iskan”:Jika semua yang kita kehendaki terus kita MILIKI, darimana kita belajar IKHLASJika semua yang kita impikan segera TERWUJUD, darimana kita belajar SABARJika setiap doa kita terus DIKABULKAN, bagaimana kita dapat belajar IKHTIARSeorang yang dekat dengan Tuhan, bukan berarti tidak ada air mataSeorang yang taat pada Tuhan, bukan berarti tidak ada kekuranganSeorang yang tekun berdoa, bukan berarti tidak ada masa sulitBiarlah Tuhan yang berdaulat sepenuhnya atas hidup kita, karena Dia tahu yang tepat untuk memberikan yang terbaik.Ketika kerjamu tidak dihargai, maka saat itu kamu sedang belajar tentang KETULUSAN Ketika usahamu dinilai tidak penting, maka saat itu kamu sedang belajar KEIKHLASANKetika hatimu terluka sangat dalam, maka saat itu kamu sedang belajar tentang MEMAAFKAN.Ketika kamu lelah dan kecewa, maka saat itu kamu sedang belajar tentang KESUNGGUHANKetika kamu merasa sepi dan sendiri, maka saat itu kamu sedang belajar tentang KETANGGUHANKetika kamu harus membayar biaya yang sebenarnya tidak perlu kau tanggung, maka saat itu kamu sedang belajar tentang KEMURAHAN HATI.Tetap semangat….Tetap sabar….Tetap tersenyum…..Karena kamu sedang menimba ilmu di UNIVERSITAS KEHIDUPAN TUHAN menaruhmu di “tempatmu” yang sekarang, bukan karena “KEBETULAN”Orang yang HEBAT tidak dihasilkan melalui kemudahan, kesenangan, dan kenyamananMEREKA di bentuk melalui KESUKARAN, TANTANGAN & AIR MATA.Diberdayakan sudirman muhammadiyah. Referensi :(https://www.kompasiana.com/tjiptadinataeffendi21may43Diakses 2 mei 2021. 11.59.)

Tetap semangat….

Tetap sabar….

Tetap tersenyum…..Karena kamu sedang menimba ilmu

di UNIVERSITAS KEHIDUPAN

(Visited 337 times, 1 visits today)
Avatar photo

By Sudirman Muhammadiyah

Dr. Sudirman, S. Pd., M. Si. Dosen|Peneliti|Penulis| penggiat media sosial| HARTA|TAHTA|BUKU|

2 thoughts on “UNIVERSITAS & DOSEN KEHIDUPAN”
  1. Universitas kehidupan yg tersaji di dalamnya adalah materi yg komplit di mana ada : – ketulusan
    – keikhlasan
    – memaafkan
    – kesungguhan
    – ketangguhan & kemurahan hati
    Benar -benar satu perjuangan yg hebat untuk bisa sampai di titik tersebut ,hanya dengan lebih mendekatkan diri kepada Allah
    kita bisa menerapkan semua hal tersebut diatas, semoga kta semua bisa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

%d blogger menyukai ini: