Syarat dan Ketentuan

DEFINISI

Bengkel Narasi adalah sebuah platform blog dan publikasi daring yang dikembangkan oleh Sipil Institute dan Elfatih Media Insani sejak 23 April 2021. Setiap konten (artikel, foto, komentar) dibuat dan ditayangkan langsung oleh Pengguna Internet yang telah memiliki Akun Bengkel Narasi.

Keunikan Bengkel Narasi terletak pada sisi pengelolaan konten yang dilakukan secara simultan. Setiap konten yang dibuat Kontributor (User) dapat langsung tayang sekaligus memberikan ruang kepada pengguna untuk turut berpartisipasi dalam pengelolaan melalui fitur pelaporan guna membantu proses pengelolaan sehingga dapat memastikan tidak ada konten yang melanggar Syarat dan Ketentuan.

Selain sebagai wadah membuat konten bagi semua warga, Bengkel Narasi terbuka untuk menghubungkan banyak produk dan institusi untuk berinteraksi dengan Kontributor (User) dan khalayak lainnya lewat beragam kegiatan daring dan luring.

Pembaca dan Kontributor (User) wajib membaca Syarat dan Ketentuan Bengkel Narasi secara cermat. Dengan mengakses dan/atau melakukan registrasi di Bengkel Narasi, Kontributor (User) menyatakan setuju untuk terikat dengan syarat dan ketentuan yang berlaku serta kebijakan mengenai perubahan atau perbaikan syarat dan ketentuan Bengkel Narasi di kemudian hari.

Kontributor (User) dipersilakan untuk tidak mengakses dan menggunakan situs ini jika tidak setuju untuk terikat dengan Syarat dan Ketentuan Bengkel Narasi.

Berikut Definisi umum dari istilah-istilah yang dipergunakan dalam Syarat dan Ketentuan Bengkel Narasi:

  1. Sipil Institute adalah organisasi nonpemerintah yang bergerak di bidang pengembangan civil society.
  2. Elfatih Media Insani adalah badan usaha penerbit buku yang terdaftar sebagai anggota IKAPI.
  3. Bengkel Narasi adalah media sosial berplatform blog yang seluruh Kontennya berasal dari dan dikelola oleh pengguna Internet.
  4. Pembaca adalah setiap pribadi yang mengakses situs web Bengkel Narasi. Pembaca tidak memiliki akun di Bengkel Narasi. Pembaca tidak bisa menempatkan Konten apa pun. Komentar Pembaca memelukan persetujuan Pengelola. Pembaca tidak memiliki akses ke fitur dan layanan Bengkel Narasi.
  5. Kontributor (User) adalah sebutan bagi anggota Bengkel Narasi, pengguna Internet yang melakukan registrasi di “Single Sign On bengkelnarasi.com“, dan selanjutnya memiliki Akun Bengkel Narasi. Kontributor (User) memperoleh akses untuk menggunakan fitur dan layanan Bengkel Narasi.
  6. Akun Bengkel Narasi adalah identitas kepemilikan blog di Bengkel Narasi. Setiap akun di Bengkel Narasi memiliki halaman profil yang berisi indeks Konten milik Kontributor (User) yang dapat diakses oleh Pembaca dengan cara menyantumkan nama Akun Bengkel Narasi di belakang alamat situs web Bengkel Narasi (misalnya, www.Bengkel Narasi.com/Nama Akun). Nama Akun Bengkel Narasi yang digunakan oleh Kontributor (User) dapat berbeda dari identitas Kontributor (User) yang menggunakannya.
  7. Pengelola adalah pihak yang memiliki akses untuk mengelola platform Bengkel Narasi. Pengelola juga bertugas untuk memproses validasi dan verifikasi akun, serta menjalin komunikasi dengan Kontributor (User). Pengelola memiliki hak melayangkan peringatan, menghapus konten, dan memblokir akun Kontributor (User).
  8. Konten adalah materi yang ditempatkan (posted) ke dalam sistem dan/atau ditayangkan (published) di situs Bengkel Narasi, terdiri atas teks, file foto, dan bentuk grafik 2 dimensi lainnya, video, dan audio, serta komentar oleh Kontributor (User). Konten juga termasuk materi yang diunggah (uploaded), ditautkan (linked) atau dilekatkan (embedded) ke dalam materi yang ditayangkan di Bengkel Narasi.

KETENTUAN KONTEN

Konten yang akan dibuat dan ditayangkan di Bengkel Narasi harus sesuai dan tidak bertentangan dengan kesusilaan, ketertiban umum, Syarat dan Ketentuan Bengkel Narasi, dan peraturan perundang-undangan yang berlaku di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia. Karena itu, kepada Kontributor (User) diwajibkan untuk mematuhi hal-hal sebagai berikut.

  1. Sebelum menempatkan dan/atau menayangkan Konten, Kontributor (User) wajib memastikan bahwa Konten tersebut tidak melanggar salah satu ketentuan yang tertulis pada Syarat dan Ketentuan.
  2. Saat menayangkan Konten di Bengkel Narasi, Kontributor (User) dilarang:
    • Membuat Judul dengan HURUF KAPITAL.
    • Menayangkan Konten kurang dari 70 kata, kecuali untuk kategori Konten Fiksi.
    • Menayangkan lebih dari satu Konten dalam kurun waktu yang bersamaan atau berdekatan. Jarak waktu tayang yang diperbolehkan antar-Konten adalah minimal satu jam.
    • Menjiplak atau menyalin-tempel (copypaste) sebagian atau seluruh Konten milik orang atau pihak lain tanpa maksud menciptakan Konten baru yang dapat dianggap sebagai Konten karyanya sendiri. Menyertakan kutipan dari sumber lain diperbolehkan, sepanjang tidak lebih dari 25 persen dari total keseluruhan Konten.
    • Melakukan aksi plagiarisme dalam bentuk dan untuk alasan apa pun, termasuk menggunakan dan/atau mengutip sebagian atau seluruh karya dalam bentuk teks, foto dan video milik orang lain serta hal-hal lain yang serupa, seolah-olah itu miliknya, tanpa dengan jelas dan tegas menyebutkan sumber data dan informasinya secara tepat dan memadai.
    • Menayangkan-ulang (reposting) Konten yang sama persis yang pernah ditayangkan sebelumnya di Bengkel Narasi.
    • Menayangkan potongan atau cuplikan Konten dengan maksud mengarahkan pengunjung ke sumber asli Konten di luar Bengkel Narasi.
    • Memuat dan/atau menayangkan konten berisi iklan, promosi, atau  sejenisnya yang secara langsung atau tidak langsung atau dalam bentuk tautan (link) berisi ajakan untuk membeli produk barang atau  jasa di luar kategori literasi membaca dan menulis.
    • Saat menayangkan foto, ilustrasi, referensi, atau konten pelengkap lain, Kontributor (User) wajib:
      • Menyebutkan sumber (nama orang atau pihak pencipta, pemilik, atau pemegang hak cipta) secara langsung atau melalui tautan menuju alamat sumber.
      • Menyebutkan sumber lengkap dan jelas untuk Konten hasil pencarian dari mesin pencari (tidak dibenarkan hanya menyebut nama/merek mesin pencari sebagai sumbernya).
  3. Sebelum menayangkan Konten, Kontributor (User) wajib memilih kategori atau subkategori yang sesuai dengan  isi, tema, atau konteks Konten.
  4. Kontributor (User) dilarang mengirim komentar berupa atau dimaksudkan sebagai pesan berantai (spamming), dengan/atau tanpa disertai tautan tertentu.
  5. Terhadap Konten yang telah ditayangkan di Bengkel Narasi, Kontributor (User) tidak dibenarkan untuk:
    • Mengubah substansi dan atau isi Konten.
    • Mengubah waktu tayang Konten.
    • Melakukan manipulasi dengan cara apa pun terhadap fitur atribut yang terdapat pada Konten, termasuk jumlah Pembaca, jumlah Peringkat (rating) dan jumlah Komentar.
  6. Terhadap Konten yang telah ditempatkan ke dalam sistem Bengkel Narasi, Kontributor (User) mengizinkan Pengelola untuk:
    1. Menghapus sebagian atau keseluruhan Konten, pesan, foto, gambar, dan/atau komentar yang melanggar Syarat dan Ketentuan berdasarkan atau tanpa aduan Kontributor (User) atau pengguna internet dengan atau tanpa pemberitahuan sebelumnya kepada Akun pemilik Konten.
    2. Menempatkan Foto sebagai ilustrasi atau pelengkap Konten untuk keperluan penayangan Artikel Utama (headline).
    3. Mengoreksi kekeliruan kode-kode HTML, termasuk mengoreksi penggunaan jenis huruf dan ukurannya, yang dapat mengganggu tampilan Konten maupun Bengkel Narasi secara keseluruhan.
    4. Menyunting Label, Jenis dan Kategori Konten.
  7. Kontributor (User) dengan kesadaran dan kemauan sendiri menempatkan dan menayangkan Konten, dan bersedia bertanggung jawab penuh atas seluruh Konten yang ditayangkan.
  8. Kontributor (user) dilarang menyerang, menghina, dan/atau menjatuhkan karakter atau pribadi Kontributor (User) lain dengan cara dan tujuan apa pun.
  9. Kontributor (User) dilarang memperdebatkan dan/atau mempertentangkan ajaran agama tertentu, meliputi keyakinan dan ritual keagamaan.
  10. Kontributor (User) dilarang menempatkan Konten apa pun dengan cara apa pun yang dapat merusak, melumpuhkan, membebani, atau mengganggu server atau jaringan Bengkel Narasi.
  11. Dengan mendaftar di Bengkel Narasi, Kontributor (User) memahami dan setuju untuk tidak menggunakan, menempatkan, mengunduh, menautkan, melekatkan, dan/atau menayangkan Konten yang:
    • Melanggar atau menyalahi hak orang lain, termasuk tanpa kecuali, hak intelektual, hak paten, merek dagang, rahasia dagang, hak cipta, publisitas, atau hak milik lainnya dari pihak ketiga.
    • Mengancam keselamatan, memfitnah, mencemarkan nama baik, menipu, mencurangi, dan/atau menimbulkan kebencian pada individu atau kelompok tertentu.
    • Memuat dan/atau berisi informasi palsu atau yang diragukan kebenarannya secara sengaja dengan maksud untuk menipu, membohongi, atau memperdaya pembaca Bengkel Narasi.
    • Menghina, menyinggung, melecehkan, merendahkan, mengintimidasi, memicu pertentangan, dan/atau permusuhan individu atau kelompok berdasarkan Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan (SARA), jenis kelamin, orientasi seksual, usia, atau cacat fisik.
    • Melanggar norma kesusilaan, mengandung unsur cabul dan pornografi.
    • Menganjurkan atau menyarankan perbuatan yang melanggar hukum.
    • Berisi kata-kata sumpah serapah, gambar, atau bentuk grafis lainnya yang berisi dan/atau menimbulkan rasa ngeri, kasar, kotor, dan jijik.
    • Menyebarkan ideologi atau ajaran tertentu yang melanggar hukum yang berlaku di wilayah Republik Indonesia.
    • Mengandung virus atau kode komputer lainnya, file atau program yang dapat mengganggu, merusak atau membatasi fungsi dari perangkat lunak (software) atau perangkat keras (hardware) komputer atau peralatan komunikasi, atau memperbolehkan penggunaan komputer atau jaringan komputer yang tidak sah.
    • Melanggar Syarat dan Ketentuan, petunjuk, atau kebijakan lainnya yang ada di Bengkel Narasi.
  12. Bengkel Narasi tidak pernah memiliki dan/atau mengangkat seseorang untuk bekerja sebagai Jurnalis Warga, Reporter Warga, atau istilah lain yang sejenis. Kontributor (User) tidak dibenarkan dan tidak berhak menyebut dirinya sebagai Wartawan/Jurnalis/Reporter Bengkel Narasi, baik di dalam Konten maupun pada saat melakukan kegiatan yang berkaitan dalam pembuatan konten.
  13. Kontributor (User) tidak dibenarkan dan tidak berhak mengafiliasikan dirinya dan/atau menggunakan nama Bengkel Narasi pada saat mengumpulkan, melaporkan, mengolah, ataupun mempublikasikan suatu fakta kejadian atau peristiwa. Nama Bengkel Narasi hanya bisa disebut sebagai Platform Blog yang semua Kontennya berasal dari Kontributor (User).
  14. Bengkel Narasi tidak mengeluarkan surat izin, surat keterangan, surat penugasan dan/atau surat kuasa kepada siapapun atau pihak manapun dalam rangka mengumpulkan, mengolah, melaporkan dan menyebarluaskan informasi, kejadian atau peristiwa.
  15. Bengkel Narasi dibebaskan dari segala tuntutan dan pertanggungjawaban atas segala hal terkait Konten kontributor (User).
  16. Setiap pengelola Bengkel Narasi memiliki kartu resmi berupa ID Card.

Bengkel Narasi tunduk kepada peraturan dan ketentuan hukum yang berlaku di Republik Indonesia. Karena itu, saat terjadi keluhan, protes, klaim dan/atau permasalahan hukum yang disebabkan oleh Konten yang dimasukkan dan/atau ditayangkan oleh Kontributor (User), Bengkel Narasi berhak menyampaikan segala informasi terkait pemilik Konten, termasuk, bila ada, alamat Internet Protocol (IP) yang terekam di dalam sistem Bengkel Narasi, kepada pejabat berwenang (Penyidik, Penyidik Pembantu, Penyelidik, Jaksa Penuntut Umum, Hakim) yang disertai dengan permohonan tertulis dari Kepolisian Republik Indonesia. []

(Visited 35 times, 1 visits today)