Dengarlah anak-anak, hari ini hari kelulusan kalian. Setelah kalian lulus, mungkin di antara kalian ada yang akan melanjutkan sekolah di Kota Dili, Lospalos, Baukau, atau mungkin akan tetap sekolah di sini.

Saat kalian pergi, ingatlah pesan gurumu ini. Saat kalian pergi naik bus dan melewati sekian banyak gunung, cobalah kalian ingat-ingat jarak antara Kota Dili dan Iliomar itu dekat atau tidak. Ya, jarak antara Kota Dili dan Iliomar itu tidak dekat.

Ingatlah baik-baik pesan gurumu ini. Saat kalian pergi, yang pertama harus kalian ingat adalah keluarga disini: ibu dan ayahmu. Betapa mereka selama ini berkorban untuk kalian dan selalu bekerja keras agar mendapatkan uang untuk membiayai sekolahmu. Ingatlah baik-baik pengorbanan mereka.

Jangan sampai saat kalian sudah tiba dan sekolah di sana, kalian malah judi dan merokok. Bukannya sekolah, malah menghambur-hamburkan uang dari orang tua. Kalian gunakan uang itu untuk berfoya-foya. Jangan sampai terjadi ya, anak-anak?

Saat orang tua kalian menelepon dan mengatakan, “Nak, uang yang ayah dan ibu kirim untuk biaya sekolah, apakah sudah kamu bayarkan?” Kalian bilang sudah, padahal kalian tidak membayar uang sekolah. Kalian pakai uang itu untuk membeli suatu hal yang tidak jelas dan tidak berguna. Jangan sampai terjadi ya, anak-anak?

Saat jauh dari orang tua dan indekos di Kota Dili, kalian harus jaga diri baik-baik di sana. Sekolah yang benar. Capailah impian kalian masing-masing sampai lulus. Dapat pekerjaan dan bahagiakan orang tua kalian masing-masing. []

(Visited 46 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

%d blogger menyukai ini: