*Sayid Anshar

Para peneliti dari University of East London percaya, ketika rasa haus teratasi, otak siap fokus dan mengerjakan tugas. Air membebaskan bagian otak yang terus-menerus memberikan sinyal haus pada tubuh. Mengapa demikian?

Di samping air merupakan sumber kehidupan, air juga adalah sesuatu yang memiliki nilai tersendiri dalam peningkatan sumber daya manusia, yaitu nilai intelektual yang diimplementasikan dengan pemikiran-pemikiran rasional yang bernuansa filosofi.

Salah satunya adalah tentang riwayat seorang pemikir hadits yaitu Ibnu Hajar al-Asqalani yang belajar dari air yang menetesi batu begitu keras hingga berlubang. Beliau menjadikan air sebagai sumber inspirasi dalam menyelesaikan masalah

Begitu juga dengan kecerdasan dipahami sebagai kemampuan untuk memaknai hakikat kehidupan, sebagaimana yang dikatakan oleh seorang penulis dan motivator Ruslan Ismail Mage, bahwa kecerdasan itu adalah berfungsinya seluruh panca indra. Artinya, segala sesuatu harus dilihat dan dinilai dari situasi dan kondisi.

Memaknai air dalam kecerdasan berpikir adalah suatu pemahaman yang rasional sistematis radikal dan universal, di mana air memasuki setiap lorong kehidupan sesuai dengan aturan alam dan menembus sampai pada tahap keberhasilan dengan selalu melihat keadaan yang ada di sekitarnya. Bahkan air terkadang tenang dan terkadang tegas. Hal ini dimaknai bahwa air selalu melihat kapan bertindak benar dan kapan bertindak baik. Seperti halnya dalam pengambilan keputusan harus berdasarkan situasi dan kondisi.

Sebagaimana ucapan Josep Whitney, “kecerdasan dibuktikan bukan dengan kemudahan belajar, tetapi dengan memahami apa yang kita pelajari, dan hanya orang cerdas yang mampu mengambil tindakan yang tepat meski dianggap konyol oleh orang-orang bodoh”.

*Penggerak literasi menulis Bengkel Narasi Minangkabau (BNM)

(Visited 119 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

%d blogger menyukai ini: