Oleh: Aldo Jlm

Lospalos, Jumat, 4 Agustus 2023

Mahasiswa UNTL, fakultas DEI (Departemento Engenharia Informatica/Teknik Informatik) melaksanakan perpisahan KKN (Kuliah Kerja Nyata) di Aula Administrasaun Munisipiu Lautém. KKN ini berlangsung selama sebulan di Munisipiu Lautém mulai dari tanggal 4 Juli sampai dengan 4 Agustus 2023, di berbagai instansi yang tersebar di Munisipiu ini.

Administrador Munisipiu Lautém, Sr.Domingos Sávio dalam orasinya mengatakan bahwa, “ia sangat berterima kasih pada para mahasiswa yang melakukan KKN di sini, karena meskipun hanya sebulan tetapi dapat membawa kabar gembira bagi instansi yang ditempatinya. Karena di sanalah mereka melakukan pelatihan IT bagi para elemen-elemen yang kurang memiliki informasi tentang IT, agar kelak jika pemerintah melakukan e-gov (electronic government) dapat mendigitalisasi semua administrasi perkantoran dari pusat kota hingga ke pelosok aldeia”.

Selama sebulan di sini mereka berkelakuan baik, tidak ada insiden apa pun yang terjadi, berdisiplin tinggi, dengan mengaplikasikan ilmu yang mereka terima di bangku kuliah. Kehadiran mereka membawa motivasi bagi adik-adiknya yang masih belajar di bangku SMP dan SMA, agar kelak mereka juga mengikuti jejak mereka ke perguruan tinggi seperti UNTL. Hal seperti inilah yang kita nantikan, agar dapat mempersiapkan sumber daya manusia supaya nanti mengimplementasikan desentralisasi, kita dapat memakai SDM yang sudah ada. Diharapkan kedepannya UNTL bisa membuka cabangnya di munisipiu ini. pintanya lagi.

Pada kesempatan lain, perwakilan PNTL Sra.Gracinda, mengatakan bahwa, “ia mengucapkan banyak terima kasih pada para mahasiswa UNTL-DEI, karena atas kehadiran mereka di kantor kepolisian sangat bermanfaat dimana mereka dapat memperbaiki computer yang rusak, memberi pelatihan bagi mereka yang belum tahu computer, memberi input tentang pemakaian computer yang baik, dengan dedikasi dan disiplin yang tinggi. Kalian harus mempersiapkan diri sebaik mungkin, karena kalianlah yang merupakan penerus masa depan Negara Timor Leste”.

Di pihak UNTL, Xefi DEI, Sr.Bosco Pereira, juga mengatakan bahwa, “ia sangat berterima kasih pada pejabat pemerintah setempat yang telah menerima mahasiswa kami untuk melaksanakan KKN di sini, dapat menfasilitasi mereka, karena ilmu itu hanya relative dan dapat merubah karakter seseorang. Keuntungan dari KKN ini adalah, mereka dapat mengenal lebih dekat keperluan masyarakat Lautém akan IT, dengan panorama turistiknya yang indah”.

Diharapkan agar kedepannya supaya orang dapat mengenal tempat wisata di sini dengan baik, harus membuat peta digital, kegiatan kultur/adat-istiadat. Hal ini menunjukkan bahwa bukan hanya universitas lain seperti IOB, DIT, yang bisa, tetapi UNTL juga bisa di bidang IT, sehingga apa yang masih kurang dapat memperbaiki kurikulumnya di masa depan. Pintanya lagi.

Ia juga bangga pada para mahasiswa karena dengan prestasi dan disiplin yang tinggi, dapat melaksanakan KKN dengan baik dan tepat waktu, sehingga pulang dengan kerinduan yang mendalam dengan orang-orangnya dan tempat turistiknya yang mempesona. Pintanya lagi.

Pada kesempatan lain, perwakilan dari peserta KKN, Pedro Miguel, mewakili teman-temannya, mengucapkan banyak terima kasih, karena para pejabat dan masyarakat di sini menerima mereka untuk melaksanakan KKNnya. Dari KKN inilah mereka mendapat pengalaman baru, dari teori yang di dapat di bangku kuliah dapat diimplementasikannya di lapangan”.

Turut hadir dalam acara perpisahan ini, Administrador Munisipiu Lautém, Perwakilan Kepolisian PNTL Munisipiu Lautém, Diretores Servisu Munisipais, Delegasaun Territorial, Diretores Escolas (ETA-DB Fuiloro, ESTV no.1 Lospalos, ESG LAT), Funsionarios Públicos di AML, dan Para Mahasiswa UNTL.

By Aldo Jlm
Lpls-BN, Edisi 050823

(Visited 15 times, 1 visits today)
Foto profile

By Aldo Jlm

Elemen KPKers-Timor Leste, Penulis & Kontributor Bengkel Narasi sejak 2021 hingga kini telah menyumbangkan lebih dari 100 tulisan ke BN, berupa cerpen, puisi, opini, dan berita dari negeri Buaya ke negeri Pancasila, dengan motonya 3S-Santai, Serius dan Sukses. Selalu tersenyum pada siapa saja baik kawan maupun lawan. Ingin belajar menulis dari para seniornya yang telah makan garam di dunia literasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

%d blogger menyukai ini: