Bang RIM pernah bilang seperti ini dalam bukunya.

“Berbicara perilaku itu berbicara tentang budi pekerti. Itu berarti sikap dan perilaku yang baik. Sifat-sifat yang baik akan mendatangkan kebaikan dan sebaliknya hal yang buruk akan menghasilkan keburukan pula”.

Saat mencoba memahami setiap kata dari bait kalimat halaman 56, dalam buku 21 hukum kesuksesan sejati tersebut, saya menemukan aksi nyata yang merepresentasikan kalimat tersebut. Tepatnya hari jum’at 28 Maret 2021, di Masjid Miftahul Khair Desa Watuliwu Kabupaten Kolaka Utara. Dua orang pemuda begitu sibuknya menjajalkan makanan dan minuman, es buah, bubur kacang ijo, resoles dan donat tersaji buat para jamaah yang hadir salat jum’at di masjid tersebut. Semua gratis, Luar Biasa penuh takjub

Saat sebagian orang pemuda sibuk berjibaku dengan buru-buru keluar meninggalkan area masjid, bahkan sebagian pemuda mungkin tidak hadir menuju panggilan ilahi dihari jum’at, dua orang pemuda tersebut malah sebaliknya.  Wajah kebahagian dan kesyukuran terpancar dari orang-orang yang datang silih berganti mengambil minuman dan makanan yang dijajalkan di pelataran masjid.

Itulah cerminan sikap dan perilaku baik, yang dihadirkan dua orang pemuda tersebut. Berprilaku baik adalah sifat, dan memilih untuk berbuat baik adalah sikap. Cerminan sikap dan perilaku baik, adalah entitas yang harus dimiliki oleh pemuda di era ini.

Ini persoalan waktu kawan, semakin besar penghargaanmu terhadap waktu, dengan menghadirkan kegiatan positif ditengah masyarakat, akan menjadikan hal tersebut indikator pertama dalam mengukur masa depan.

Pernah suatu Ketika saya berdiskusi dengan seorang yang Bijak, beliau menyampaikan bahwa “masa muda sebaiknya digunakan untuk berinfestasi kebaikan, dengan belajar, menggali dan memupuk potensi diri serta semangat untuk terus menebar manfaat kepada banyak orang”. Banyak hal yang akan terjadi dimasa depan saat usia tidak lagi muda. Saat mata tak mampu lagi membaca dengan baik tulisan yang ada dibuku maupun dilayar HP dan televisi, saat telinga tak mampu lagi mendengar setiap bait kalimat dari orang lain. Yang akan hadir adalah refleksi dari setiap kajadian-kejadian dimasa lalu, semakin baik hal yang dilakukan dimasa lalu, akan menunjang semakin baik ingatan dan tindakan dimasa depan. Kata Bijak yang terus ter-save di memory jangka panjang hingga saat ini.

Itulah kenapa saya, kalian dan kita semua para pemuda, harus benar-benar memanfaatkan masa muda untuk terus menebar kebaikan dan kemanfaatan bagi banyak orang. Karena kelak sejarah akan mencatat setiap hal baik maupun hal buruk yang dilakukan hari ini.

Rasulullah SAW pernah bersabda: Manfaatkanlah lima perkara sebelum lima perkara. Waktu mudamu sebelum datang tuamu, waktu sehatmu sebelum datang waktu sakitmu, masa kayamu sebelum datang masa kefakiranmu, masa luangmu sebelum datang masa sibukmu, dan hidupmu sebelum datang matimu.

Dari hadis yang diriwayatkan oleh Ibnu ‘Abbas Radhiyallahu ‘Anhu tersebut, kita harus benar-benar menjaga Spirit itu akan terus tumbuh dan berkembang, dengan banyak kebaikan yang membaikkan banyak orang sebelum tua, sebelum sakit, sebelum sibuk, sebelum mati dan sebelum kefakiran datang. Gunakan sebaik-baiknya segala potensi yang ada saat ini, tanpa sibuk berandai-andai. Andaikan begini, andaikan begitu, pasti begini dan mungkin begitu.

Dua pemuda yang hadir dengan kebaikan tersebut patut dijadikan contoh dan diberi apresiasi. Begitupun dengan pemuda yang bergerak dengan pola dan metode yang berbeda untuk berbagi kebaikan dan kebahagian. Mereka adalah penyambung tangan kebaikan para pemilik kebaikan. Volunteer Masjid Indonesia Kolaka Utara, itu nama wadah Gerakan mereka. Hadir dengan menjemput sedekah dari pemilik kebaikan, lalu menyalurkan dengan Sedekah makan dan minuman di hari Jum’at.

Kita doakan, semoga segala Lelah berubah menjadi Berkah yang Lillah. Semoga menjadi semangat buat pemuda yang lain, untuk berlomba-lomba dalam kebaikan dengan semangat Fastabiqul Khairat.

(Visited 22 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

%d blogger menyukai ini: