Sejak tahun 2018 lalu, setelah menyelesaikan pendidikan di kota pelajar jogja. Saya memilih untuk kembali mengabadikan diri di kampung halaman, Kabupaten Kolaka Utara. Tempat kelahiran dan tempat tuk mengabdi.

Saat itu, sempat bingung juga untuk melakukan apa. Mungkin hal demikian juga dialami oleh mahasiswa yang baru saja menyelesaikan study dan memilih untuk balik kekampung halaman, hanya bermodalkan ijasah dan sedikit pengalaman tinggal di kota. Ditambah lagi di tanah Patampanua ini belum ada Universitas dan lembaga-lembaga yang konsen terhadap pendidikan. Mungkin karena daerah yang baru saja menginjak usia ke-17 di tahun 2021 ini.

Universitas Sembilanbelas November Kolaka hanya membuka kelas jarak jauh di Kabupaten Kolaka Utara. Mungkin sewaktu-waktu bisa saja ditarik kembali ke Kolaka. Akhirnya saya mencoba  mencari peruntungan dengan memasukkan lamaran untuk menjadi bagian dari tenaga pendidik, dan pastinya mengajar putra putri daerah Kolaka Utara.

Hanya bertahan satu semester, saya mengabdi di universitas tersebut karena beban mata kuliah yang tidak layak lagi diampuh oleh dosen luar biasa (LB).

Akhirnya Universitas Nahdlatul Ulama Sulawesi Tenggara, yang beralamat di Kendari dan saat ini membuka kampus di Kolaka Utara, menjadi alternative pilihan saat nama tak lagi terdaftar di universitas Sembilanbelas November Kolaka.

Alhamdulillah diberikanlah saya jam mata kuliah di universitas tersebut. Hingga detik ini terdaftar sebagai dosen tetap yang memiliki NIDN di kampus Universitas Nahdlatul Ulama Sulawesi Tenggara.

Tanggung jawab kita untuk kemajuan Bersama dalam Pendidikan, masih sangat berat dan memiliki jalan yang terjal nan berliku. Hadirnya Universitas di Kabupaten Kolaka Utara adalah misi yang harus tercapai, cepat atau lambat semoga segera terealisasikan. Ingat curhatan seorang sahabat yang saat ini mengabdikan diri di salah satu universitas di Makassar. Saya mau sekali pulang untuk mengabdi di Kabupaten Kolaka Utara, tapi tidak ada Universitas disana. Ucap seorang sahabat. Olehnya itu sembari kita kita menunggu, baiknya kita terus mempersiapkan diri dan memantaskan diri. Waktunya akan tiba, memanggil putra putri terbaik Kolaka Utara untuk kembali mengabdi sepanjang masa di Kampung kelahiran Kabupaten Kolaka Utara.

(Visited 17 times, 1 visits today)
2 thoughts on “Geliat Pendidikan di Kolaka Utara”
  1. Putra-putra terbaik Kolut akan kembali untuk memajukan pendidikan di daerahnya. Semangat Dinda….

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *