Oleh: Sabrie Mustamin

Jelang pertengahan puasa, Kamis 14 April 2022/1443 H, Ketua DPRD Provinsi Sulawesi Tenggara bersama rombongan melakukan safari Ramadan di Kabupaten Kalaka Utara. Ketua DPRD Provinsi Sulawesi Tenggara H. Abdurrahman Saleh, S.H., M.Si. dalam sambutannya sebelum buka puasa bersama mengajak untuk memaknai perintah puasa dan ibadah Ramadan lainnya dengan semangat ketaatan kepada Allah Swt, bukan dengan hitungan ekonomi dan matematika dalam beramal.

Contohnya, jika kita membaca Al-Qur’an satu huruf maka Allah Swt akan memberikan pahala sepuluh kebaikan, demikian seterusnya. Inti pokok dari itu semua adalah anjuran dan motivasi untuk selalu melakukan kebaikan. Mengapa? Sekecil apa pun kebaikan yang kita lakukan akan memberi pengaruh positif dalam kehidupan.

Kegiatan buka puasa bersama ini dilaksankan di Rumah Makan Shanun Tojabi. Dihadiri oleh bapak Sekda, Kapolres, Danramil, segenap anggota DPRD kabupaten Kolaka Utara, staf Sekretariat, dan masyarakat.

Dalam kesempatan buka bersama yang penuh dengan nuansa kekeluargaan itu, kami selaku tuan rumah memberi kado buku “Radikalisme, Demokrasi, dan Kemiskinan” karya Ruslan Ismail Mage (RIM) kepada ketua DPRD Provinsi Sulawesi Tenggara dan Danramil Lasusua.

Beliau sangat responsif dan berterima kasih atas kado buku tersebut. Terlebih setelah saya jelaskan inti buku itu bahwa Islam bukan agama terorisme dan tidak melahirkan pemikiran atau gerakan radikalisme yang negatif. “Lebih jelasnya, silakan baca buku ini, Pak. Insya Allah kita akan mendapat jawabannya.

Begitu senangnya Pak Danramil menerima buku tersebut. Beliau langsung menyuruh ajudannya untuk membawa dan menyimpan di mobil. Sesungguhnya, memberi kado buku kepada sahabat, terlebih tamu, terkhusus kepada pejabat, perlu dibudayakan untuk lebih merangsang semua elemen mendekatkan diri dan mencintai buku di tengah serbuan imperialisme digital. []

(Visited 38 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

%d blogger menyukai ini: