Oleh: Gusnawati Lukman

Bulan suci ramadan adalah bulan yang penuh berkah. Segala amal kebaikan yang dilakukan akan mendapatkan pahala yang berlipat ganda. Menabur amal, menuai pahala.

Begitu pula yang dilakukan oleh Komunitas Guru Penggerak Kab. Soppeng. Jauh sebelum memasuki bulan suci ramadan, melalui rapat pada pertemuan yang rutin diadakan setiap bulannya, ketua Komunitas Guru Penggerak Kab. Soppeng, Asharuddin Juraej., S.Pd, sudah memprogramkan bahwa di bulan ramadan nanti komunitas akan bergerak melakukan aksi nyata memeluk kemanusiaan, berbagi pada sesama. Semua anggota komunitas sepakat dan menyambut baik pelaksanaan kegiatan kemanusiaan tersebut. 

Selama bulan suci ramadan ini, rencana sudah matang dan mantap, semua anggota komunitas yang berjumlah 64 orang mulai bergerak. Dengan dikoordinir langsung oleh Sesi/bidang  Sosial yang diketuai  Ibu GB Herlina Syam, aksi Komunitas Guru Penggerak kab. Soppeng berbagi, mulai mengumpulkan donasi dari setiap anggota, yang jumlahnya sesuai dengan keikhlasan hati masing-masing.

Alhamdulillah, dari donatur terkumpul donasi yang cukup besar jumlahnya. Bidang sosial memaparkan bahwa selain bantuan berupa paket sembako, juga akan disalurkan bantuan berupa uang tunai. Jumlahnya pun sudah dikalkulasi dengan cermat, begitu pula dengan yang akan menerima bantuan tersebut.

Dalam setiap melakukan suatu kegiatan, kolaborasi/kerjasama sangatlah penting. Apapun yang dilakukan akan terasa ringan dan menyenangkan apabila kita berkumpul ramai-ramai. Nah…inilah yang terjadi di Komunitas Guru Penggerak Kab.Soppeng. Diiringi gelak tawa, canda, dan semangat berbagi, aksi nyata pun mulai dilaksanakan.

Setiap koordinator kecamatan bersama dengan anggotanya mengambil dan membagikan paket sembako dan juga uang tunai berdasarkan data penerima bantuan yang sudah dikumpulkan sebelumnya. Tidak terlihat wajah lelah di raut muka mereka. Lokasi yang terkadang berjauhan, naik turun dari rumah ke rumah, bukan penghalang yang berarti. Semuanya bahagia dan bersemangat. Rasa kepedulian pada sesama begitu melekat pada diri anggota komunitas.

Komunitas Guru Penggerak Kab. Soppeng pada bulan suci ramadan ini menyalurkan bantuan ke pondok-pondok pesantren, rumah tahfidz, kaum duafa, serta anak yatim piatu. Ada rasa haru yang menyeruak di lubuk hati terdalam ketika saat berbagi banyak penerima bantuan yang mengungkapkan rasa bahagianya dan bahkan ada yang sampai menangis saat menerima bantuan itu. 

Sahabat…saatnya mengurus kehidupan. Saatnya memeluk kemanusiaan. Di luar sana, di universitas kehidupan, masih banyak tangan-tangan yang melambai menanti uluran tangan kita. Semangat berbagi kepada sesama tanpa dibatasi oleh ruang-ruang konvensional. Semangat berbagi tanpa sekat.

Sahabat…ramadan sudah dipenghujung senja. Tak lama lagi kita akan berpisah dengan bulan ramadan. Laksana bahtera, perlahan ia mulai mengangkat jangkar dan siap untuk berlayar. Ibarat sang surya, perlahan ia mulai tenggelam bersama megah merah di ujung ufuk. Untukmu yang selama ini telah mengisi bulan suci ramadan ini dengan beragam kebaikan, semoga amalan terbaik kita semakin menambah besar keimanan kita. 

Mari lepaskan kepergian tamu yang mulia ini dengan amalan terbaik, agar iman kita bersemi sepanjang tahun. Hingga ia kembali dan melabuhkan hikmahnya di hati pada tahun yang akan datang.

Ramadan berkah, Ramadan Kareem.

#Salam Guru Penggerak

#Bergerak, Menggerakkan

# Komunitas Guru Penggerak Kab. Soppeng Luar Biasa

Watansoppeng, 27 April 2022

(Visited 66 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

%d blogger menyukai ini: