Oleh: Juharman Muliadi

Cinta, kata sederhana yang semua orang pandai mengungkapkan. Namun, hanya segelintir yang mau memahami apalagi memaknai. Cinta, bagian pribadi yang diarahkan pada nilai yang absolut. Ada  yang mudah mengungkap rasa. Namun, tak mampu menjaga rasa, hingga rasa itu jadi perisai. Jikalau kau pencinta dari cinta yang ada, seharusnya kau tahu dan paham dari 4 syarat sudah menjadi syariat dari cinta ini :

1. Kerelaan

2. Penerimaan

3. Keterlibatan

4. Kesetiaan

1. Kerelaan merupakan sebuah sikap keterbukaan untuk menerima seseorang masuk kedalam hubungan demi menjalin sebuah ikatan. Namun, waktu yang singkat membuatnya tersungkur ternyata hanya pengenalan yang mereka pahami kemudian disebut sebagai kerelaan.ย Lalu, apa hubungannya dengan organisasi? Setiap pertambahan usia kampus selalu ada saja pendatang baru yang memasuki gerbang mahasiswa yang penuh makna. Tidak sedikit dari mereka yang begitu antusias masuk ke dalam organisasi dengan dalih mau belajarย  dan bahkan mengatakan rela melakukan apa saja demi organisasi, ternyata malah menjadi transisi.

2. Penerimaan adalah sikap inisiatif, aktivitas memberikan ruang kepada orang lain untuk bisa memahami dan mengenal satu sama lain. Begitu pun dengan organisasi, selalu memberikan ruang bagi mereka yang memang betul mau sama-sama berjuang dalam mencapai visi yang sudah menjadi ketetapan dalam lembaga. Bukan saling mengangkangi hanya karena persoalan dari beda misi. Persoalan misi boleh saja, yang penting visi kita masih sama berarti semua masih kawan. Ha ha.

3. Keterlibatan adalah sebuah bentuk komitmen dari pernyataan sikap untuk mencapai suatu progres yang telah direncanakan. Jangan masuk ke dalam suatu lembaga jikalau hanya sekedar numpang tenar saja. Jangan jadikan dirimu hanya sebagai team hore saja dalam sebuah komunitas atau perkumpulan, karena semua itu hanya akan menjadikanmu tereliminasi secara otomatis.

4. Kesetiaan adalah sebuah simbol dari rasa kepemilikan yang mesti ada dalam diri seseorang terhadap sesuatu yang mereka anggap penting. Lalu mengapa dalam berorganisasi harus ada kata setia?ย  Kayak pacaran aja.

kesetiaan adalah sebuah bentuk loyalitas untuk menjaga nama baik dari sebuah perkumpulan atau lembaga apa pun. Bukan hanya numpang tidur dan minum susu, kemudian melambaikan tangan.

(Visited 61 times, 1 visits today)
2 thoughts on “Bercinta dengan Organisasi”
  1. Waooo A LIKE Betul sekali mengungkap rasa itu mudah ,namun untuk menjaga rasa itu sulit ,terkadang ego yg tinggi membuat kta sulit untuk paham dari ke 4 syarat syariat cinta itu .bahkan pengorbanan pun menjadi pelengkap dari ke 4 syariat cinta tsb
    Nah sebelum menjalin stu ikatan dalam keterlibatan , pecinta terlebih dahulu membentuk sebuah komitmen untuk mencapai progres yg ditentukan .agar dpt berhasil & sukses,๐Ÿ™๐Ÿ‘๐Ÿ‘

  2. Betul sekali mengungkap rasa itu mudah ,namun untuk menjaga rasa itu sulit ,terkadang ego yg tinggi membuat kta sulit untuk paham dari ke 4 syarat syariat cinta itu .bahkan pengorbanan pun menjadi pelengkap dari ke 4 syariat cinta tsb
    Nah sebelum menjalin stu ikatan dalam keterlibatan , pecinta terlebih dahulu membentuk sebuah komitmen untuk mencapai progres yg ditentukan .agar dpt berhasil & sukses,๐Ÿ™๐Ÿ‘๐Ÿ‘

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

%d blogger menyukai ini: