Oleh : Sabrie Mustamin*

Masjid adalah tempat yang paling baik di muka bumi. Masjid adalah rumah Allah Swt., tempat yang sangat mulia dan sangat utama untuk kegiatan ibadah umat Islam seperti salat, berdzikir, berselawat, dan majelis ta’lim. Karena itulah, Allah Swt, begitu sangat mencintai masjid dan orang-orang yang berjalan menuju masjid untuk beribadah. Begitu banyak manfaat dan keutamaan yang Allah Swt persiapkan bagi kaum muslimin dan muslimat yang sering ke masjid.

Hari ini kami berdua kekasih hati belahan jiwa mendatangi salah satu ikon kota daeng, yaitu Masjid 99 Kubah yang berdiri megah di kawasan Center Point of Indonesia (CPI) Tanjung Bunga. Letaknya berhadapan dengan Pantai Anjungan Losari Makassar. Masjid unik ini disamping menjadi pusat kegiatan ibadah, juga bisa menjadi salah satu destinasi wisata yang dikunjungi saat berlibur bersama keluarga.

Perasaan damai nan sejuk meliputi sanubari di saat langkah kaki memasuki halaman Masjid Kubah. Hembusan angin mamiri Pantai Losari menambah sejuk suasana jiwa yang tenang dan lapang, hingga waktu tak terasa perut pun menagih janji untuk diisi. Namun hati yang terasa sejuk berada di dalamnya membuat rasa lapar berkompromi untuk ditunda sambil menikmati keagungan Allah Swt di rumah-Nya.

Makna masjid secara harfiah adalah tempat sujud para hamba-Nya yang beriman merendahkan diri di hadapan-Nya dengan bersujud melalui salat. Masjid juga dimaknai sebagai tempat untuk berdoa dan bermunajab mengemukakan segala keluh kesah setelah melakukan ibadah salat, sebagaimana pengertian, “Iyyakana’budu waiyyakanastaien”.

Masjid adalah tempat segala macam kebaikan, langkah menuju masjid adalah langkah menuju kepada kebaikan. Rasulullah SAW dalam HR. Ibnu Majah no 738 menjelaskan bahwa tempat yang paling dicintai oleh Allah Swt adalah masjid-masjidnya. Seseorang yang berjalan ke masjid maka tiap langkah kakinya akan mendapatkan satu pahala, dihapuskan satu dosa dan dinaikkan derajatnya oleh Allah Swt.

Langkah kaki kami berdua mengunjungi Masjid Kubah membawa selaksa kebaikan, hati senang, dan jiwa tenang. Mata termanjakan dan sejuta rasa yang tidak dapat dimaknai. Jadi mari meraih kebaikan dengan sempatkan diri melangkah ke masjid-masjid di manapun kita berada. Karena langkah-langkah kecil kita ke masjid, pahalanya besar meraksasa di hadapan Allah Swt.

*Pencinta literasi menulis dari Kolaka Utara

(Visited 85 times, 1 visits today)
2 thoughts on “Langkah-Langkah Kecil yang Meraksasa”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.