tempat menarik di Matano Luwu Timur, seperti Pulau Kucing, gugusan karang kecil dengan dua pohon mangga besar, dan Kali Dingin, sungai yang airnya tetap dingin hingga bertemu dengan air danau yang hangat. Di Desa Mahalona, kurang dari sejam dari dermaga Soroako, kita bisa membasuh muka di Mata Air Bora-bora, yang letaknya hanya beberapa langkah dari tepi danau dan dasarnya sering mengeluarkan gelembung udara.

tempo 2018


MUARA SUNGAI DINGIN MATANO LUWU TIMUR
Danau Matano, dengan kedalaman nyaris 590 meter, ia menjadi danau terdalam di dunia urutan kedelapan. Sementara di Asia Tenggara, ia juaranya. Berlokasi di Kecamatan Nuha, Kabupaten Luwu Timur. Desa Soroako, yang terletak di sisi barat danau, telah berkembang jadi kota modern yang rapi, terutama karena sebagian besar daerah ini dikelola PT Vale Indonesia (dulu PT Inco), perusahaan tambang nikel yang beroperasi sejak 1968.

Rumah peristirahatan milik perusahaan berjejer di sepanjang tepi danau, termasuk lapangan golf. Danau ini tersambung melalui sungai dengan Danau Mahalona, dan Danau Towuti di bagian selatan. Towuti, yang luasnya 561 kilometer persegi, merupakan danau terluas kedua di Indonesia. Ketiga danau ini terbentuk akibat kegiatan tektonik jutaan tahun silam.

Soroako dapat ditempuh dengan angkutan udara dan darat dari Makassar. Dari Makassar, perjalanan ke Sorowako dengan pesawat baling-baling memakan waktu sejam. Hanya ojek satu-satunya angkutan umum di kota kecil itu. Sementara bis hanya melayani antar kota dan provinsi.
Tempo (2019).

Salah satu yang menarik di kunjungi di daerah tambang ini adalah mandi mandi di Sungai dingin, spot ini sangat pantastik untuk dinikmati
Melalui laporan pandangan mata , H. Ahmad Saransi yang berkunjung ke wilayah ini, lewat medsosnya tadi pagi, mengutas tentang spot sungai dingin. Salah satu yg tdk boleh dilewatkan bila berkunjung ke Danau Matano(a) Kab. Luwu Timur adalah mandi di muara Sungai Dingin dgn suhu 7 – 11 Derajat Celcius, lalu menghangatkan diri di Danau Matano yg hangat itu.
Dalam mitologi I La Galigo, prajurit Sawerigading mandi atau menyiram air dingin merupakan sebuah ritual pemurnian pada tingkat spiritual. Para prajurit percaya jika mandi air dingin bisa memberi semangat untuk siap memulai hari.

Katanya, dgn tarikan napas dalam saat kita terkaget-kaget menggigil kedinginan membuka pernapasan dan meningkatkan asupan oksigen ke seluruh tubuh, yang pada akhirnya meningkatkan detak jantung dan memperlancar aliran darah sehingga menjaga badan mereka tetap hangat. Inilah kemudian mereka percaya dapat memberikan “tendangan” energi untuk mulai beraktivitas.
Menarik untuk di coba. (7.7.2021).

Masih banyak tempat menarik lain di sana, seperti Pulau Kucing, gugusan karang kecil dengan dua pohon mangga besar, dan Kali Dingin, sungai yang airnya tetap dingin hingga bertemu dengan air danau yang hangat. Di Desa Mahalona, kurang dari sejam dari dermaga Soroako, kita bisa membasuh muka di Mata Air Bora-bora, yang letaknya hanya beberapa langkah dari tepi danau dan dasarnya sering mengeluarkan gelembung udara.

Desa itu dulu merupakan cikal-bakal Kerajaan Luwu dan penghasil besi terbaik di Nusantara. Hasil penelitian Australian National University menyebutkan desa itu sudah dihuni sekitar 2.000 tahun lalu dan tanahnya mengandung bijih besi. Besi dari desa inilah yang diperkirakan menjadi sumber bagi “pamor Luwu”, kandungan khas pada keris dari Luwu, yang sudah dikenal sejak zaman Majapahit. Peneliti memperkirakan pengolahan besi besar muncul di Matano pada abad ke-15 dan ke-16.

Demikian feature salah satu destinasi yang sangat recomended untuk dikunjungi.
7 Juni 2021.

(Visited 39 times, 1 visits today)

By Sudirman Muhammadiyah

Akademisi, penggiat medsos, teroris Literasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *