Pelabuhan Kobe

Kita seharusnya tidak pernah berputus asa kepada Allah, karena harapan adalah permulaan bagi jalan keselamatan (Fihi ma fihi).

Rabu sore 10 Juni saya mengikuti Sekolah Kepemimpinan Politik Bangsa (SKPB) Angkatan X Akbar Tandjung Institute. Pertemuan kelima ini menghadirkan Bapak Dr. H. Ahmad Doli Kurnia Tandjung, S.Si., M.T. beliau Ketua Komisi II DPR RI. Materi dan pembawaan beliau mudah dipahami terlebih bagi kami yang tidak berlatar belakang ilmu politik. Tema kali ini adalah tentang “Dinamika Politik Parlemen” mengawali diskusi ini beliau mengajak kembali kepada cikal bakal DPR yaitu Volksraad di era kolonial Belanda. Bagian ini beliau ulas dengan nama, Dinamika Parlemen Indonesia dari Masa ke Masa. Bagi orang yang sedang concern pada sejarah, pada bagian ini kami diajak kembali mengingat M. Husni Thamrin dan Gubernur Jenderal Graaf van Limburg Stirum yang membentuk dan melantik Volksraad. Di era kemerdekaan, kami diingatkan dengan Mr. Kasman Singodimedjo ketua Komite Nasional Indonesia Pusat (KNIP) tanggal peresmian KNIP 29 Agustus 1945 dijadikan sebagai tanggal dan hari lahir DPR RI.  Selain sejarah beliau banyak mengulas beberapa poin seperti: *corak hubungan eksekutif-legislatif serta kaitannya dengan sistem kepartaian *Interaksi dan Jalinan Koalisi Antar Partai Politik di Parlemen*Desain Penyempurnaan Kelembagaan Parlemen. Alhamdulillah saya dapat kesempatan bertanya tentang komparasi dengan parlemen di kawasan (ASEAN).

Semoga tambahan wawasan dari beliau semoga menjadi ilmu yang berkah, karena selain mengetahui dan memahami kondisi kekinian dari Dinamika Politik Parlemen namun tidak meninggalkan sisi kesejarahannya.

(Visited 5 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *