Positif Negatif

Adalah sebuah rangkaian kegiatan relawan untuk saling mengenal dan memahami karakteristik diri masing-masing.

Mengawali sebuah pertemuan dalam suatu kegiatan, pasti selalu dimulai dengan mengenal lebih jauh sosok orang-orang yang akan kita ajak bekerjasama dalam sebuah tim.

Kita harus tahu apa yang mereka senangi, dan apa yang mereka tidak senangi. Karena sebagai mahluk sosial yang hidup berdampingan, setiap saat kita akan dipertemukan dengan orang-orang yang berbeda dengan berbagai macam karakternya, itu bukanlah hal yang aneh, bagi mereka, tetapi terkadang aneh bagi kita.

Setiap menit, jam dan hari sedikitnya kita akan diperkenalkan dan di pertemukan dengan orang baru baik di perkenalkan dengan teman sendiri maupun dari media sosial, dan pastinya jika kita sedang bertemu dengan orang baru, naluri manusia selalu menginginkan untuk setiap saat mengeluarkan sisi terbaik dalam diri sendiri, untuk menciptakan sebuah pandangan yang bagus di mata si orang baru tersebut atau biasa kita sebut dengan (jaim). Hehehe

Adakalanya saat kita sedang berada di tempat umum, pastinya sering bertemu dengan orang asing, yang cantik, tampan dan glowing hehe.
Keadaan itu tentunya kadang membuat kita jadi insecure untuk memulai percakapan. Lebih jauh dari itu terkadang rasa takut muncul ketika ingin memulai percakapan, takut dianggap sok akrab hingga menimbulkan kesan kurang sopan.

Hal tersebutlah yang terus dilakukan diawal-awal pertemuan Sekolah Relawan. Proses mengabrabkan diri dengan cara memahami satu sama lain dengan menuliskan tentang diri masing-masing, tentang apa yg baik dari diri dan apa yang tidak baik dari diri para relawan. Sehingga dari pola saling mengenal tersebut kita bisa mengetahui apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan.

Stycki Note menjadi wadah menuliskan hal yang positif dan hal yang negatif tersebut. Karena terkadang saat hanya sekadar diucapkan tanpa ditulis itu hanya akan menjadi ingatan sesaat.

Kegiatan seperti ini juga adalah sebagai bahan introspeksi bagi diri masing-masing relawan. saling mengerti, memahami dan saling memberi suport agar tak terlalu banyak insecure tanpa Bersyukyur.

Sekolah Relawan Jilid I diadakan di Desa Parutellang, Jilid II di Desa Babussalam, Jilid III di Desa Saludongka dan sekarang menuju Sekolah Relawan Jilid IV di Desa Larui Kecamatan Purehu dan Loka Kecamatan Tolala.
Untuk sampai ke Lokasi Giat itu sangat jauh, sehingga dibutuhkan ketahanan fisik dan mental yang kuat para relawan. Saling mengakrabkan diri, memahami satu sama lain adalah hal yang sangat perlu dilakukan sebelum memulai kegiatan dilokasi giat, itulah pentingnya sebuah kegiatan meet up relawan atau pembekalan para relawan sebelum turun langsung ke lokasi giat, karena nantinya pasti akan bertemu dengan banyak orang-orang berbeda dengan berbagai macam karakter, budaya dan kearifan lokalnya.

Pada akhirnya
Kami memohon doa dari semua pihak, semoga kegiatan yang kami lakukan senantiasa diberi perindungan oleh Tuhan Pemilik Semesta Alam.

(Visited 33 times, 1 visits today)
2 thoughts on “Saling Mengenal”
  1. Aamiin Dek Akbar. Semoga semua kegiatannya berjln lancar dan berkah. Teruslah menebar kebaikan agar semua makhluk bumi merindukanmu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *