Dalam upaya pemenuhan gizi yang optimal pada pelaksanaan asuhan gizi diperlukan keterlibatan dan kerja sama yang erat antar berbagai profesi terkait yang bergabung dalam tim asuhan gizi. Perawat adalah profesi yang terlibat, selain profesi lain seperti dokter, dietisien, dan profesi kesehatan lainnya sebagai pendukung seperti apoteker, ahli patologi, rekam medik, dan administrasi. Setiap anggota tim memberi sumbangsih spesifik sesuai dengan keahliannya yang diharapkan dapat saling mengisi dalam upaya memberikan asuhan gizi yang optimal.

Perawat memainkan peran multidisiplin kunci karena memiliki kontak paling banyak dengan pasien. Perawat adalah orang yang logis untuk memberikan informasi gizi karena perawat adalah penghubung utama antara pasien dan sistem perawatan kesehatan. Perawat tidak mendapatkan pendidikan ekstensif tentang gizi, namun terdapat peluang besar bagi perawat di bidang gizi, baik sebagai pendidik maupun peneliti.

Perawat melakukan pemesanan makanan atau diet untuk pasien sesuai dengan preskripsi diet yang sudah ditetapkan. Perawat mengamati pasien sewaktu makan, melaporkan tentang penerimaan pasien terhadap diet yang diberikan, apakah habis dimakan atau tidak, kemungkinan adanya masalah dengan defekasi atau hal-hal lain yang berkaitan dengan makanan atau diet yang diberikan. Perawat bertanggung jawab dalam pemberian makanan peroral, enteral, maupun parenteral, dan memberi laporan secara lisan dan/ atau tertulis tentang kemungkinan akibat yang kurang baik karena pemberian makanan tersebut. Perawat memberi penjelasan secara garis besar kepada pasien dan keluarganya tentang makanan atau diet yang diberikan.

Buku ini disusun untuk memberikan panduan kepada calon tenaga perawat (Diploma III) dalam melaksanakan tugasnya mendampingi pasien kelak dalam membantu proses kesembuhannya. Materi yang disajikan dalam buku ini meliputi 4 bagian besar yaitu: 1) Konsep Dasar Ilmu Gizi, 2) Gizi Daur Kehidupan, 3) Terapi Diet, dan 4) Gizi Kesehatan Masyarakat.

Materi-materi dalam buku ajar ini bukanlah hal yang mudah untuk dipahami hanya dalam 1 semester (14 tatap muka dengan durasi 100 menit per tatap muka). Tim penulis pun mengakui bahwa buku ini masih masih jauh dari sempurna. Namun, kami berharap buku ini dapat membantu sebagai panduan mahasiswa dalam perkuliahan Gizi dan Diet.

Salam sehat!
Tim Penulis

(Visited 296 times, 1 visits today)
Avatar photo

By Admin

Admin Bengkel Narasi

One thought on ““Gizi dan Diet” Buku Ajar Diploma III Keperawatan”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.