Bulan ramadhan adalah bulan yang penuh berkah dan ampunan . Semua umat muslim berlomba-lomba untuk meraih pahala dengan memperbanyak ibadah amaliah ramadhan. Berdasar dari hal itu Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan memandang perlu untuk dilakukan kegiatan khusus dalam bentuk Pesantren Kilat secara virtual kepada anak didik, siswa/siswi sebagai generasi masa depan bangsa . Menyikapi kondisi terkini, maka tema yang dimasukkan dalam kegiatan ini selain Fikih Ramadhan, Cinta Al Qur’an juga sikap toleransi antar umat beragama serta pemahaman anti radikalisme.

Kegiatan pesantren kilat ramadhan 1442 H, 2021 M dilaksanakan dari tanggal 5 – 7 Mei 2021 atas kerjasama Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Soppeng dengan Pemprov Sulawesi Selatan, diikuti sekolah tingkat SD dan SMP Se kabupaten Soppeng, dan hari ini adalah hari terakhir pelaksanaan kegiatan tersebut. SMP Negeri 1 Watansoppeng adalah salah satu sekolah yang mengikuti kegiatan pesantren kilat ramadhan itu yang dilaksanakan secara virtual dengan mengutus beberapa orang siswa didampingi oleh guru yang telah ditunjuk oleh sekolah.

Diharapkan dengan pelaksanaan kegiatan pesantren kilat ini akan semakin menambah wawasan keagamaan peserta didik untuk lebih mendalami nilai -nilai yang terkandung dalam Al Qur’an, mempererat tali persaudaraan dan toleransi antar sesama serta mengembangkan sikap kritis terhadap apa yang terjadi di lingkungan sosial mereka serta keadaan bangsa saat ini.

Pemahaman nilai-nilai keagamaan kepada peserta didik adalah suatu hal yang sangat krusial agar mereka tidak tergerus oleh zaman. Era globalisasi saat ini apabila tidak dibentengi dengan pondasi yang kuat, siapapun akan ikut arusnya. Kegiatan ini juga adalah salah satu cara untuk mengembangkan dan memperkuat karakter peserta didik, menanamkan budi pekerti luhur serta adab.

Kegiatan pesantren kilat ini dilaksanakan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan, memakai masker dan menjaga jarak. Sebelum acara penutupan, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Soppeng, Bapak Drs. H. Muhammad Azis Makmur, M. Pdi, memberikan materi dengan tema ” Bagaimana Islam Yang Sebenarnya”. Beliau menceritakan tentang agama Islam sejak jaman Rasulullah, kejadian-kejadian pada masa itu sampai saat ini. Islam itu damai. Bagiku agamaku dan bagimu agamamu. Orang Islam memiliki 4 tahap, yaitu Mukmin, Muslim/sudah menyakini rukun Islam dan rukun Iman dan melaksanakannya, Muhlis dan derajat paling tinggi adalah Muttaqin/bertakwa.

Selain hal yang di atas, beliau juga menghimbau supaya jangan terlalu ekstrem. Menjaga akhlak dan tetap memelihara aqidah. Saling tolong menolong dalam hal kebaikan. Menuntut ilmu di jalan Allah adalah salah satu kewajiban kita sebagai umat muslim.

Semoga kegiatan ini bermanfaat dan membawa berkah bagi kita semua. Mari kita semakin memperbanyak amalan baik di detik-detik terakhir bulan suci ramadhan ini.

Watansoppeng, 7 Mei 2021

SMPN 1 Watansoppeng selalu yang terbaik.

(Visited 216 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

%d blogger menyukai ini: