Sunah dalam Islam

Sunah dalam Islam mengacu kepada sikap, tindakan, ucapan dan cara rasulullah menjalani hidupnya atau garis-garis perjuangan yang dilaksanakan oleh rasulullah.

Sunah merupakan sumber hukum kedua dalam Islam, setelah Al-Quran

Secara, Etimologi. Sunah (سنة sunnah, plural سنن sunan) adalah kata Arab yang berarti “kebiasaan” atau “biasa dilakukan”. Secara istilah sunah adalah jalan yang di tempuh oleh rasulullah dan para sahabatnya, baik ilmu, keyakinan, ucapan, perbuatan, maupun penetapan.

Hukum Sunah adalah mendapat pahala apabila dikerjakan, dan apabila ditinggalkan tidak berdosa. Sama seperti Hukum Wajib, Hukum sunah juga dibagi menjadi dua yaitu sunah mu’akkad dan sunah ghairu’muakkad (wikipedia)

Ada beberapa Sunnah yang perlu di ketahui dalam pelaksanaan hari raya iedul fitri, dalam utas ini ada 6 Sunnah yang mempunyai dasar pelaksanaannya lewat hadist nabi.

Semoga uraian ini dapat pahala bagi kita umat Islam.

1). Mandi sebelum berangkat sholat Ied

Mandi yang utama dalam hadits : “Mandi pada hari Jum’at, hari ‘Arafah, hari Idul Adha dan Idul Fithri.” (HR. Al-Baihaqi).

2). Makan sebelum Sholat Idul Fitri

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa berangkat shalat ‘ied pada hari Idul Fitri dan sebelumnya beliau makan terlebih dahulu” (HR. Ahmad)
Dari Sahabat Anas bin Malik : “Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam tidak berangkat pada hari Idul Fitri sebelum memakan beberapa butir kurma, dan dia memakannya dengan jumlah ganjil.” (HR. Bukhari)

3). Bertakbir dari rumah sampai tempat shalat

“Dan hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan hendaklah kamu mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, supaya kamu bersyukur.” (QS. Al-Baqarah: 185).

4). Saling memberi ucapan selamat

Dari Jubair bin Nafir : “Para shahabat Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam, apabila berjumpa pada hari Ied, mereka satu sama lain saling mengucapkan, ‘taqabbalallahu minna wa minka.’”(Fathul Bari, 2/446).

5). Berhias dan memakai pakaian terbaik

Dari Jabir radhialahu anhu : “Nabi shallallahu alaihi wa sallam memiliki gamis yang biasa beliau pakai untuk shalat dua Hari Raya dan hari Jumat” (Ibnu Khuzaimah).

6).Lewat jalan yang berbeda ketika berangkat dan pulang.

Dari Jabir bin Abdillah radhiallahu ‘anhuma : “Nabi shallallahu alaihi wa sallam pada Hari Ied menempuh jalan yang berbeda”. (HR. Bukhari).


Dimaksudkan agar kedua jalan itu menjadi saksi di hadapan Allah pada hari kiamat, sebab bumi akan berbicara pada hari kiamat tentang kebaikan dan keburukan yang dilakukan di atasnya.(aeisha.diary ).

sumber : twitter

Demikian, tulisan ini tidak bermaksud menggurui, hanya mengingatkan sesama muslim.

Tidak ada dua hal yang digabungkan lebih baik daripada pengetahuan dan kesabaran

sudirman Muhammadiyah

Semoga utas ini dapat bermanfaat bagi kita umat Islam.

Memaafkan adalah sesuatu tak ternilai yang membantu orang mengembangkan karakter mereka dan membuat mereka beradaptasi dengan berbagai tahap kehidupan. –

Hasrat Imam Ali

بِسْــــــــــــــمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْـــــم

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Menjelang berakhirnya Bulan Suci Ramadan, Dengan segala kerendahan dan keikhlasan hati izinkan Kami sekeluarga mengucapkan


SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI “, 1 Syawal 1443 H

تَقَبَّلَ اللّهُ مِنَّا وَمنِْكُمْ صِيَامَنَا وَصِيَامَكُمْ,كُلُّ عَامٍ وَأَنْتُمْ بِخَيْرٍ. اَللّهُمَّ اجْعَلْنا وَإِيَّاكُمْ مِنَ العَاءِدِيْنَ وَالفَاءِزِيْنَ وَالمَقْبُوْلِيْن.

Mohon maaf lahir dan batin atas segala kekhilafan dan kesalahan kami,
Teriring Do’a semoga Allah SWT senantiasa memberikan kesehatan, keselamatan, panjang umur, murah rejeki dan mempertemukan kita lagi dengan bulan Ramadan yang akan datang. Aamiin Aamiin Aamiin yaa Rabbal ‘alamiin.

SELAMAT HARI Raya IDUL FITRI 1443H_2022M.

Taqobbalallahu minna wa minkum
Barakallahu Fiikum

1 Mei 2022

Dr. Sudirman, S.Pd.,M.Si. sekeluarga

Jl.Hukum 1 Komp.Unhas Makassar

(Visited 366 times, 1 visits today)
Avatar photo

By Sudirman Muhammadiyah

Dr. Sudirman, S. Pd., M. Si. Dosen|Peneliti|Penulis| penggiat media sosial| HARTA|TAHTA|BUKU|

6 thoughts on “Selamat Hari Raya Idulfitri 1443 H/2022 M (Sunnah di Hari Raya Idulfitri)”
  1. Selamat Hari Raya idul Fitri 1443 H bagi bagi yang merayakan, Minal aidin walfaidzin, mohon maaf lahir dan batin 🙏🙏

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

%d blogger menyukai ini: