Ishak Ng

Buku : Yang Semakin di Antara Kita

Penulis : Ishak Ngeljaratan

Editor : Stanislaus D. Kwen

Penerbit : La Galigo Press

Tempat : Makassar

Tahun : 2008

Jumlah halaman : xv + 267

ISBN : 978-979-15492-4-0

Ishak Ngeljaratan adalah salah seorang budayawan, dan dosen pada beberapa perguruan tinggi di Sulawesi Selatan, juga seorang penulis pada beberapa media cetak baik lokal Makassar, maupun Nasional. Beliau juga aktif menjadi pembicara pada berbagai forum. Beliau lahir di Tanimbar Maluku pada 27 September 1936 dan wafat di Makassar pada 16 Juli 2018 lalu.

Buku ini adalah kumpulan tulisan beliau yang pernah di terbitkan oleh berbagai media cetak di Makassar. Judul buku ini diambil dari salah satu judul tulisan beliau yang pernah terbit. Tulisan tulisan beliau banyak mengulas masalah masalah sosial dan kebudayaan dalam masyarakat.  Juga tentang filosofi kehidupan, keaneka-ragaman budaya nusantara, ketidakadilan, hak asasi manusia (HAM) dan lain lain.  

Terdiri dari 4 bagian, dan diawali dengan pengantar editor (Stanislaus D. Kwen) dan kemudian bagian pertama tentang Perkembangan Substansi dan Arah Kebudayaan Indonesia. Pada bagian ini ada tulisan dengan judul, Mendesain Sebuah Strategi Kebudayaan, Aspek Budaya Lokal dalam Pembangunan, HAM dalam Konteks Budaya Nasional, Budaya Lokal dan Pendidikan, Persatuan dalam Persfektif Multikulturalisme, Perkembangan Substans dan Arah Kebudayaan Bangsa kita, dan Revitalisasi Budaya Indonesia dan upaya menumbuhkan Kecerdasan Komunitas.

Masalah masalah Sosial dibahas pada bagian kedua.Cukup banyak artikel hasil tulisan beliau pada bagia ini. Ada 38 judul artikel, diantaranya : Konflik Kultural dalam Beragama dan Berdemokrasi, Jangan Korbankan Keadilan Demi Persatuan, Kita Semakin Kehilangan Daya Rasa Haru Kemanusiaan, Intoleransi Menghambat Perwujudan Keadilan dan Kesejahteraan, Hidup Bersama dan Bersesama, Daur Ulang Pemerintahan Keranjang Sampah, Tegakkan Hukum dengan Resiko Apapun, Jenis Kerinduan Menjelang Pemilu 2004, Tuntutan Keadilan Dalam Berunjuk Rasa, Menghadapi Berbagai Tawuran Mahasiswa….. dan lain lain.

Bagian ketiga adalah Sikap Hidup dimana berisi 11 artikel diantaranya adalah : Hidupkan Kembali Gaya Hidup sederhana, Dibalik Daya Tarik Seks yang Bermasalah, Leo Sang Buruh Pelabuhan, Puas Tak Puas, Benci Tapi Rindu, Kebahagian Bersama dan Derita Bersama, Yang Menuntut dari yang Dituntut, ASI Sumber Berkat dan Kasih Sayang,, Ars Longa Vita Brevis, Pantai Losari Pantai Impian, dan Cinta.

Membaca tulisan tulisan Ishak Ngeljaratan membuat kita berpikir secara mendalam akan berbagai masalah sosial yang terjadi. Sebagian juga tulisan beliau perlu pemahaman mendalam, perlu dibaca perlahan untuk dapat memahami dan mengambil hikmah dari tulisan itu. Bahasa yang digunakan kadang bahasa tinggi yang penuh falsafah.

Secara umum, buku ini sangat dibaca. Pada bagian terakhir ada profil ringkas penulis.

tt
(Visited 26 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

%d blogger menyukai ini: