Aristoteles, seorang filsuf dan ilmuwan Yunani Kuno. Dia lahir pada 384 SM, di Stagira, Chalcidice, Yunani.

Bapak ilmu pengetahuan yang lahir di Stagira, Mecedonia, 384 SM ini, juga dikenal sebagai salah satu filsuf paling berpengaruh di dunia. Bahkan, karya-karyanya menjadi ensiklopedi ilmu dan rujukan pada zamannya. Sebagai seorang filsuf, Aristoteles telah menyumbang gagasan dan penemuan di segala bidang

m.merdeka.com
Plato bersama muridnya Aristoteles

Merupakan salah seorang tokoh intelektual terbesar dalam sejarah Barat. Aristoteles banyak menulis sistem filosofis dan ilmiah yang menjadi kerangka kerja dan alat bagi Sarjana Kristen dan Filsafat Islam abad pertengahan.

Bahkan setelah revolusi intelektual Renaisans, Reformasi dan Pencerahan, konsep Aristotelian tetap tertanam dalam pemikiran Barat.

Jangkauan intelektual Aristoteles sangat luas. Dia menguasai sebagian besar ilmu pengetahuan dan seni, termasuk biologi, botani, kimia, etika, sejarah, logika, metafisika, retorika, filsafat pikiran, filsafat sains, fisika, puisi, teori poltiik, psikologi dan zoologi.

Dia merupakan sosok pendiri logika formal. Logika yang menyusun sebuah sistem yang  sudah jadi dan selama berabad-abad dianggap sebagai jumlah dari disiplin.

Dia juga memelopori studi zoologi secara observasional dan teoretis. Karya-karyanya tidak tertandingi sampai ke abad 19. Namun, tentu saja Aristoteles lebih dikenal sebagai filsuf.

Aristoteles adalah seorang penganut teori geosentris. Dia berpikir bahwa bumi adalah pusat alam semesta, kemudian matahari, bulan, planet, dan bintang-bintang berputar mengitari bumi. Dan teori ini dipercaya hingga kurun waktu yang sangat lama.

www.idntimes.com

Tulisannya tentang etika dan teori politik juga metafisika dan filsafat ilmu terus dipelajari. Karya-karyanya menjadi arus kuat dalam debat filsafat kontemporer.

Aristoteles merupakan anak dari Nicomachus, seorang fisikawan untuk Amyntas III, Raja Makedonia sekaligus kakek dari Alexander the Great.

Setelah kematian sang ayah, Aristoteles pindah ke Athena di mana dia berjumpa dengan Plato. Dia tinggal di Akademi Plato selama 20 tahun sebagai murid sekaligus koleganya.

Dengan Plato, Aristoteles berusaha menggabungkan apa yang dianggapnya terbaik dari apa yang telah dia pelajari dari Plato.

plato bersama Alexander

Aristoteles, teringat nasib yang menimpa Socrates (Guru Plato), 76 tahun sebelumnya, Aristoteles lari meninggalkan kota sambil berkata dia tidak akan memberi kesempatan kedua kali kepada orang-orang Athena berbuat dosa terhadap para filosof.

Setelah filsuf Plato Guru Aristoteles mangkat, Aristoteles terkenal sebagaibapaklogika. Logika , Aristoteles menyebut metode berpikirnya ialah analytica, tetapi lebih populer disebut logika. Inti dari logika adalah silogistik

kompasiana.com

Aristoteles meninggal di pembuangan beberapa bulan kemudian di tahun 322 SM pada umur enam puluh dua tahun di Chalcis Euboea. 


Aristoteles di posisikan diurut 14 sebagai 100, tokoh paling berpengaruh dalam sejarah dunia Karya Michel Hart, 1978. Semoga pemikirannya dapat menambah wawasan kita dalam memahami filsafat.


Tulisan ini diperuntukan bagi mahasiswa saya, disunting dari berbagai sumber untuk memperkaya bahan bacaan mahasiswa agar tidak bosan dan jenuh maka disajikan dalam bentuk tulisan kreatif online dalam Catatan Kuliah Filsafat ( CKF). Bahan sebelumnya telah di bahas dan diskusikan di kelas mata kuliah Filsafat, Sokrates guru Plato, Aristoteles murid dari Plato.

“Kita adalah apa yang terus menerus kita lakukan; kesempurnaan oleh karenanya bukanlah suatu tindakan, tapi kebiasaan.”

Aristoteles meyakini bahwa setiap aspek 0kehidupan manusia dapat dijadikan objek pemikiran dan analisis. Ia menekankan bahwa alam semesta tidak dikendalikan secara kebetulan oleh sihir, ataupun kehendak dewa semata, melainkan diatur oleh hukum-hukum rasional.

SudirmanMuhammadiyah

Sumber :
1.(https://t.me/kompascomupdate)
2. Seratus Tokoh yang Paling Berpengaruh dalam Sejarah
Michael H. Hart, 1978
Terjemahan H. Mahbub Djunaidi, 1982
PT. Dunia Pustaka Jaya
Jln. Kramat II, No. 31A
Jakarta Pusat

Makassar, 15 Juli 2022.

Buku Aristoteles tentang Politic


Sudirman Muhammadiyah
(Belajar menunduk).

(Visited 211 times, 1 visits today)
Avatar photo

By Sudirman Muhammadiyah

Dr. Sudirman, S. Pd., M. Si. Dosen|Peneliti|Penulis| penggiat media sosial| HARTA|TAHTA|BUKU|

One thought on “Catatan Kuliah Filsafat (CKF) Aristoteles murid Plato”
  1. Teori geosentris (Aristoteles) fundamental atrom klasik. Banyak dipahami bagi orang awam termasuk nenek saya.
    “Menarik”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

%d blogger menyukai ini: