covid

Judul : Covid-19 Seluk Beluk Corona Virus yang Wajib dibaca

Penulis : Prof. Dr. dr.  Anies, M.Kes., PKK

Penerbit : Arruz Media

Tahun Terbit : 2020

Tempat Terbit : Yogyakarta

Jumlah Halaman : xii + 116

Ukuran : 14 x 21 cm

ISBN : 978-602-313-547-9

Virus corona telah melanda dunia sejak akhir tahun 2019 dan bermula di Wuhan, Tiongkok. Sampai saat ini sudah jutaan orang terjangkit diseluruh dunia, termasuk Indonesia. Sebagian besar masyarakat hanya mengetahui resiko virus corona ini dari media sosial atau media elektronik. Informasi dari media elektronik seperti Televisi, maupun Radio mungkin masih cukup akurat, namun informasi dari media sosial, amat banyak yang patut diragukan keakuratan dan kebenarannya. Di media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter dan lain lain, dimana hampir semua orang mampu mengaksesnya dan mengunggah informasi apa saja, sering kali kita jumpai informasi tentang Covid-19 yang tidak benar atau kurang tepat.

Salah satu sumber informasi yang bisa diandalkan keakuratannya adalah bahan pustaka di Perpustakaan. Buku buku yang ditulis dengan berbagai sumber rujukan oleh para ahli dibidangnya, tentu sangat penting sebagai sumber informasi dibidang apa saja. Buku ini salah satu sumber informasi tentang virus corona yang ditulis oleh Prof. Dr. dr. Anies, M.Kes., PKK. Sebagai seorang Guru Besar dan seorang dokter medis, informasi dalam buku yang ditulisnya ini tidak diragukan lagi keakuratannya.

Buku ini terdiri dari enam bab, diawali dengan Pengantar dari Penebit, Pengantar Penulis, kemudian bab pertama di bahas tentang “Mengenal Covid-19” mulai dari sejarah, gejala, cara penyebaran, pemeriksaan, dan istilah istilah yang digunakan seperti PDP, ODP dan OTG.

Selanjutnya pada bab kedua, Covid-19 sebagai bencana global, dengan sub sub bagian; Covid-19 di dunia dan di Indonesia, penyebab lonjakan kasus, dan tentang tenaga kesehatan yang terjangkit Covid-19. Pencegahan dan penanganan Covid-19 selanjutnya dibahas pada bab ketiga dimana  ada  pembahasan tentang Protokol kesehatan dari WHO dan dari pemerintah RI, protokol Isolasi mandiri, protokol karantina antistres dan cara membuat Hand Sanitizer sendiri.

Berikutnya bab keempat ada pembahasan tentang Obat Covid-19, Herd Immunity dan pencarian vaksin. Pada bab ini terdapat sub sub bagian sebagai berikut: mengenal obat Covid-19, mengenal Herd Community, dan pencarian Vaksin Covid-19. Sakit pada masa pandemi adalah pembahasan pada bab kelima dengan sub sub pembahasan; nasib pasien non-covid, sakit flu pada masa covid, waspada chikungunya, dan tentang Flu Babi baru.

Bab terakhir adalah kesiapan untuk New Normal dimana ada pembahasan tentang alasan pemberlakuan New Normal, syarat dan persiapan menuju New Normal, kesiapan individu dan kesiapan berbagai sektor. Pada bagian akhir ada daftar pustaka, sumber gambar, indeks dan biodata penulis.

Buku ini sangat tepat dijadikan bahan rujukan untuk penelitian tentang Virus Corona. Sangat perlu dibaca baik tenaga kesehatan, maupun masyarakat umum, tertutama ditengah tengah pandemi Covid-19 yang melanda dunia saat ini.

tt
(Visited 48 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

%d blogger menyukai ini: