Oleh; Gusnawati Lukman

Buku 21 Hukum Kesuksesan Sejati adalah salah satu karya Ruslan Ismail Mage yang sangat fenomenal. Ratusan testimoni mencuat karena telah menginspirasi pembacanya. Banyak orang yang sukses karena terinspirasi dari kisah-kisah yang ada di buku ini. Tepatlah kiranya karena ini adalah karya dari seorang penulis buku inspirasi kenamaan, akademisi, motivator, inspirator, dan penggerak, founder Sipil Institute, Komunitas Menulis Bengkel Narasi, serta Pena Anak Indonesia, yang sudah tidak diragukan sepak terjangnya. Kiprahnya dalam memperjuangkan dan membumikan literasi sampai ke pelosok-pelosok negeri sudah bukan isapan jempol lagi. 

Buku: 21 Hukum Kesuksesan Sejati

Penulis: Ruslan Ismail Mage

ISBN: 978-623-94147-8-8

Penyunting: Kuspriyanto

Penerbit: Elfatih Media Insani

Tempat: Cimahi, Jawa Barat

Cetakan Ketiga, Mei 2021

Jumlah Halaman: xxii + 231

Kesuksesan adalah milik semua orang! Bukan hanya milik orang bermodal yang tinggal di kota, tetapi juga milik orang-orang yang tinggal jauh di sudut-sudut kampung, di pinggir gunung, di tepi pantai, di pematang sawah. Keyakinan itulah yang menginspirasi Bapak Ruslan Ismail Mage menulis buku “21 Hukum Kesuksesan Sejati” ini yang akan membakar semangat setiap jiwa untuk melakukan restorasi dalam dirinya menuju perbaikan hidup.

Buku ini diperuntukkan untuk semua kalangan, teristimewa kepada anak-anak negeri yang terlahir dalam ketidakmampuan ekonomi, ketidaksempurnaan fisik, dan ketidakberdayaan keluarga untuk segera bangkit menjemput impian.Sebesar apa pun penderitaan melanda, walau akan melahirkan tragedi kemanusiaan sekalipun, jangan pernah kehilangan harapan, karena harapan adalah identitas kemanusiaan.

Terdiri dari dua bagian, yang diawali dengan persembahan, prolog, dan daftar isi, dilanjutkan  bagian pertama yang mengupas 21 hukum kesuksesan. Hukum kesuksesan pertama yang diulas oleh penulis adalah memuliakan wakil Tuhan di bumi. Tuhan bermaksud datang ke dalam setiap rumah hamba-Nya. Tetapi, tidak jadi datang karena sudah mengutus wakilnya, seorang ibu. Jadi, posisi ibu di dunia adalah paling tinggi karena ibu adalah wakil Tuhan di bumi.

Catatan Batin Bapak Ruslan Ismail Mage untuk wakil Tuhan di bumi.

Wakil Tuhanku di Bumi

       Di sepertiga malamku

Kulukis wajah ibu di kanvas jiwa

         Ibu

      Sebelum aku bisa makan

Aku bertumbuh melalui air susumu

      Sebelum bisa berjalan

Aku beranjak dalam gendonganmu

           Ya Allah

Ampuni aku yang membalas air susu ibu

      dengan air mata kesedihannya

           Ya Rabb-ku

       Jadikan air mataku, tasbihku

memohon dan mendoakan selalu ibu

yang kini telah berbaring di sisi-Mu

           Ibu

Engkau wakil Tuhanku di bumi

( Kedayu, Medio 2016)

Hukum kesuksesan #2 Singkirkan Keraguan Masa Depan

Kesuksesan milik semua orang! Keyakinan inilah yang menginspirasi penulis mendirikan Sipil Institute (Divisi Agama, Pendidikan, Sosial, dan Budaya) yang konsisten keliling ke sekolah-sekolah di sudut-sudut desa untuk mendistribusikan kecerdasan kepada seluruh anak bangsa.

Hukum Kesuksesan#3 Jadikan Musuhmu Konsultan Pribadimu

Sebanyak orang yang mendoakan kita sukses, sebanyak itu pula yang ingin melihat kita jatuh. Banyak orang yang tersenyum manis menyapa kita tetapi tertawa melihat kita jatuh. Itulah hukum kehidupan di dunia yang pasti ditemui setiap orang dalam menjalani rutinitas sehari-hari.

Hukum Kesuksesan#4 Rekonstruksi Khayalan Menjadi Pikiran

Pemenang adalah orang yang berpikir dan berjuang, sementara pecundang adalah orang yang bermimpi dan dalam tanpa gerak.

Hukum Kesuksesan#5 Belajarlah Dari Anak TK

Hanya benda yang muncul ke permukaan yang mudah ditemukan, sementara benda yang tersembunyi susah ditemukan.

Hukum Kesuksesan#6 Siap Ketika Kesempatan Datang

Jangan sia-siakan kesempatan karena kesempatan datangnya hanya sekali. Sejatinya kesempatan itu tidak datang hanya sekali, tetapi berulang kali. Artinya, kesempatan itu tidak langka, yang langka adalah kesiapan kita menyambut kesempatan itu.

Hukum Kesuksesan#7 Jangan Menunda Melangkah

Semakin sering ragu dan bingung semakin kurang beruntung nasibnya dibandingkan dengan orang yang berani melangkah kendatipun di bawah tumitnya ada duri.

Hukum Kesuksesan#8 Jangan Bermain Dengan Waktu

Racun paling mematikan masa depan adalah menunda waktu, terorisme paling membahayakan masa depan adalah kata nanti, dan pencuri paling licik bagi masa depan adalah hidup santai.

Menghargai waktu menjadi indikator pertama dalam mengukur masa depan. 

Hukum Kesuksesan#9 Sopankan Komunikasi Dan Santunkan Perilaku

Berbicara perilaku itu berbicara tentang budi pekerti. Itu berarti sikap dan perilaku yang baik. Sifat-sifat yang baik akan mendatangkan kebaikan dan sebaliknya hal yang buruk akan menghasilkan keburukan pula. 

Mulutmu adalah harimaumu, sementara tubuhmu lebih dulu berbicara dibanding bibirmu.

Hukum kesuksesan#10 Pahami Akronim Modal

Menggerakkan organ demi aktivitas lanjutan. Kesalahan mendasar yang membuat orang banyak gagal memulai usaha adalah ketika mendengarkan kata modal langsung pikirannya adalah uang.

Hukum Kesuksesan#11 Berdamailah Dengan Kenyataan

Jika janin bisa bermohon, ia akan bersujud ke Tuhannya memohon jangan dilahirkan dalam keadaan miskin, atau tidak sempurna bentuk tubuhnya.

Hukum Kesuksesan#12 Memiliki Kecerdasan Mendengar

Cara terbaik untuk memengaruhi orang lain adalah menggunakan telinga dengan mendengarkan mereka.

Hukum Kesuksesan#13 Lepaskan Diri Dari Penjara Terbesar Dunia

Keyakinanmu menjadi pikiranmu, pikiranmu menjadi kata-katamu, kata-katamu menjadi perilakumu, perilakumu menjadi kebiasaanmu, kebiasaanmu menjadi nilai-nilaimu, dan nilai-nilaimu menjadi takdir hidupmu. 

Hukum Kesuksesan#14 Berdamai Dengan Kegagalan

Hanya orang yang berani gagal yang akan menjadi pemenang, karena kegagalan memiliki saudara kembar bernama kesuksesan. Berani hidup, ya berani gagal. Tidak berani gagal, ya berhenti menjadi manusia.

Hukum Kesuksesan#15 Jangan Menunda Investasi Senyum

Investasi yang paling menguntungkan dan tidak mengenal istilah merugi adalah tersenyum. Jadi tersenyumlah selama ada alasan.

Senyum adalah sesuatu hal yang paling mudah dilakukan. Ia sifatnya alami. Tidak butuh keahlian dan modal untuk melakukannya, tetapi justru menjamin keuntungan yang luar biasa bisa mengubah hidup jika dilakukan dengan ikhlas.

Hukum Kesuksesan#16 Segera Lakukan “Mi’raj” Menuju The World Of The Mind

Tinggalkan dunia materi yang tidak bersahabat denganmu, lalu segera hijrah memasuki pemikiran dunia untuk menemukan energi penggerak di dalamnya.

Hukum Kesuksesan#17 Menjual Diri

Untuk menjadi sukses dan kaya silakan menjual diri. Tanpa kemampuan menjual diri silakan menikmati menjadi tukang tepuk tangan. 

Hukum Kesuksesan#18 Terapkan Filosofi Memancing

Orang yang bisa meletakkan dirinya di tempat orang lain, dan bisa memahami jalan pikiran orang lain tidak perlu mencemaskan apa yang tersedia untuknya di masa depan.

Hukum Kesuksesan#19 Bersahabatlah Dengan Inspirator Dan Penggerak

Anak didik tidak hanya sekadar butuh guru untuk menjadi sukses, tetapi juga butuh seorang inspirator yang mampu menggerakkan seluruh pancaindranya melakukan restorasi dalam dirinya.

Hukum Kesuksesan#20 Patuhi Proses Lahirnya Sang Juara

Tidak ada kesuksesan dalam sehari, begitu pula tidak ada kemenangan dalam semalam. Jika ingin melihat di mana sang juara dilahirkan, maka lihatlah hari-harinya. 

Hukum Kesuksesan#21 Jangan Menunda Berbagi

Semakin sering membuat orang lain tersenyum bahagia menerima pemberiannya, semakin dekat keajaiban Tuhan akan menyapanya.

Selain mengupas secara gamblang 21 hukum kesuksesan sejati dengan narasi-narasi yang inspiratif dan membakar semangat, penulis buku Bapak Ruslan Ismail Mage juga banyak menyelipkan quotes kehidupan yang dihubungkan dengan semua hukum-hukum kesuksesan tersebut, serta kisah-kisah nyata dari Al Qur’an dan hadits sehingga pembaca semakin terinspirasi untuk melakukan perubahan-perubahan  ke arah yang lebih baik. Penulis juga banyak melakukan penjelajahan literatur dengan menggali sisi-sisi inspiratif para tokoh besar dunia. 

Pada bagian kedua, penulis bercerita banyak tentang orang-orang sukses dari berbagai daerah dan beragam profesi. Orang-orang yang berhasil mengubah hidup dari tidak ada menjadi ada dan berada, dari hidup miskin menjadi kaya raya, dari tidak berpendidikan menjadi orang berpendidikan tinggi, orang yang mengabdikan diri menjelajah pelosok-pelosok negeri untuk menginspirasi, mensejahterakan anak-anak negeri, semuanya dikupas tuntas dan tajam. 

Bercermin dari semua pengalaman orang-orang yang sudah membuktikan betapa dahsyatnya Buku “21 Hukum Kesuksesan Sejati” megah karya dari Bapak Ruslan Ismail Mage, sang teroris literasi, inspirator, dan penggerak, maka sangat direkomendasikan untuk  dimiliki oleh setiap orang untuk menjadi pegangan. Orang sukses akan selalu berjuang untuk meraih kesuksesan itu secara nyata, bukan dalam khayalannya saja. 

RIM “ The Great Eagle “ Literasi

Watansoppeng, 10 Agustus 2022

(Visited 76 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

%d blogger menyukai ini: