Oleh: Elvira Pereira Ximenas

Puji dan syukur kami panjatkan kepada Sang penyelenggaraan Ilahi atas kasih dan kemurahan-Nya kepada umat manusia di dunia terutama bagi umat Kristen di Timor-Leste.
Pada kesempatan ini kami umat Katolik di seluruh pelosok Timur-Leste ingin berterima kasih atas kehadiran dan jasa para misionaris yang berasal dari Portugal dan berbagai negara di belahan bumi ini. Mulai dari tahun 1500-an hingga saat ini. Sejak saat itu nenek moyang kami di perkenalkan oleh para misionaris tentang pewartaan Injil, mulai mengenal Tuhan Yesus sebagai Sang Juru selamat Dunia. Dari generasi ke generasi hingga generasi selanjutnya.

Dengan berjalannya waktu mulai dari abad masuk ke abad yang lain, begitupun dari dekade masuk ke dekade yang lain. Datanglah para misionaris dari berbagai negara membawakan berbagai kongregasi dengan misi pewartaan Injil ke seluruh pelosok tanah air, termasuk Kongregasi Salesiano Dom Bosco. Salah satu tempat dari kongregasi ini berada di Santuarium Maria Auxiliadora Fatumaka.
Di dalam komunitas kongregasi Salesiano Dom Bosco inilah Uskup Agung Dili yang kini telah dilantik oleh bapak suci paus Francisco menjadi Kardinal pertama Timor- Leste ini mengawali dan menemukan panggilan hidupnya sebagai seorang imam Salesiano. Pada awalnya Beliau menjabat sebagai pastor Provincial Timor-Leste, sebagai pemimpin tertinggi di komunitas Salesiano Dom Bosco.

Dengan berjalannya waktu setelah Uskup diosis Dili meninggal dunia. Beberapa bulan kemudian oleh bapak Paus Fransisus memilih Beliau untuk menjadi Uskup di Diosis Dili. Tidak lama kemudian, hanya beberapa tahun Beliau dipilih khusus untuk menjadi Uskup Agung Dili oleh Bapak Paus Franciscos.

Dengan kesetiaan, kerendahan hati dan ketaatan pada panggilan ilahi. Beliau menerima dan menjalankan segala tugas dan pelayanan dengan begitu semangat. Pada tanggal 29 Mei 2022 paus Fransiskus memilih dan mengumumkan Uskup Agung Dili Mgr. Virgilio do Carmo da Silva, SDB menjadi Kardinal pertama Timor-Leste.

Hari – hari belakangan ini tepat pada bulan Agustus, banyak umat Katolik Timor-Leste melakukan ziarah ke Roma Vatikan untuk menyaksikan secara langsung acara pelantikan secara resmi menjadi Cardinal Timor-Leste oleh bapak Paus Fransiscus tepat tanggal 27 Agustus 2022 pukul 23:00 waktu Timor-Leste.

Demi cinta kepada Beliau semua umat Katolik baik dalam negeri maupun diluar negeri setia menonton TV yang disiarkan lewat Live streaming di channel GMN TV dan TV Italia juga beberapa channel you tube dan Facebook.

Sungguh luar biasa kasih Tuhan terhadap masyarakat Timor-Leste yang baru merdeka Selama 20 tahun. Telah mencetak sejarah baru dalam Gereja Katolik Timor-Leste, mulai hari ini ke depannya Timor-Leste telah mempunyai Kardinal yang memiliki hak dalam sidang konklaf. Dimana berhak untuk memilih dan dipilih menjadi paus di masa depan.

(Visited 15 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

%d blogger menyukai ini: