apps

Kehidupan manusia modern diera informasi digital sekarang ini hampir tidak pernah lepas dari penggunaan aplikasi. Apakah itu “aplikasi” ? Aplikasi dalam artikel ini menurut Wikipedia adalah sebuah program komputer atau perangkat lunak (software) yang dirancang khusus untuk mengerjakan dan mengelola tugas atau kegiatan tertentu . Banyak pengertian lain dari aplikasi. Dari berbagai sumber di web, disebutkan bahwa aplikasi juga dapat berarti penggunaan, penerapan, lamaran, permohonan, pendaftaran,tambahan, dan juga karya hias yang ditempelkan pada kain pada saat menjahit pakaian.

Berbagai macam aplikasi yang kita gunakan sehari hari misalnya aplikasi pengelola kata, pengelola angka, citra (image), video, komunikasi, game (permainan), database (basis data), web browser (peramban) dan lain lain. Bahkan belanja online, pembayaran online, pesan tiket pesawat, pesan hotel, pengaturan perjalanan, absensi pegawai, pengaduan masyarakat, pemerolehan buku elektronis di perpustakaan, membuat passport, membuat SIM, melaporkan e-kinerja bagi Aparatur Sipil Negara, dan lain lain, juga menggunakaan aplikasi tertentu.

Semua aplikasi yang ada di handphone kita tentu aplikasi yang kita gunakan sehari hari, meskipun ada juga aplikasi yang hanya digunakan pada waktu tertentu. Artinya, aplikasi yang diunduh dan dibenamkan kedalam gawai (gadget) kita adalah aplikasi yang akan digunakan sehari-hari dan bermanfaat untuk kita.

Seiring dengan semakin banyaknya aplikasi yang tercipta, dengan berbagai tujuan, ternyata ada beberapa aplikasi yang “tidak biasa” atau bisa dikatakan unik atau bahkan aneh. Pernahkah anda mendengar atau melihat aplikasi yang namanya S.M.T.H. (Send Me To Heaven). Ini salah satu aplikasi yang ada Play Store atau Google Play yang masuk kategori unik. Jika kita menggunakan aplikasi ini, maka ketika anda melontarkan HP (handphone) keatas, maka akan muncul angka berapa meter ketinggian anda melontarkan HP. Pada aplikasi ini juga kita bisa melihat rekor ketinggian yang dilakukan orang lain.

Pernahkan anda menonton di Bioskop dan terpaksa menahan keinginan ke toilet karena takut ketinggalan cerita? Nah, ada aplikasi yang namanya RUNPEE. Dalam aplikasi ini, ada daftar Film yang diputar di Bioskop, dan waktu terbaik untuk ke toilet tanpa khawatir ketinggalan cerita filmnya. Aplikasi ini menunjukkan kepada anda menit keberapa sebaiknya anda ke toilet. Dalam film biasanya ada scene atau bagian adegan dimana tidak ada dialog sama sekali selama beberapa waktu. Waktu itulah yang terbaik bagi penonton untuk keluar ke toilet. Masih soal urusan Toilet, ada juga aplikasi yang namanya POOPMAP. Dari namanya tentu anda bisa menduga apa gunanya aplikasi ini. Kalau kita berada di kota besar dan bingung cari toilet umum dimana, nah unduh dan buka saja aplikasi ini. Akan ditunjukkan tempatnya.

Ada lagi aplikasi namanya PAPER RACING. Aplikasi ini dapat mencatat speed atau kecepatan anda dapat menarik atau menggulung habis sebuat tissu gulung atau tissu toilet secara virtual di layar hape anda. Ini semacam game sebenarnya, dan motif tissu-nya dapat diganti ganti. AUGMENTED BIN, aplikasi ini adalah sebuah tempat sampah virtual, dimana anda bisa mainkan, dengan memasukkan gulungan kertas kedalamnya. Permainan ini juga ada skore dan semakin tinggi level permainan akan semakin susah.

Ada juga aplikasi anti pencurian, namanya IantiTheft. Jika aplikasi ini diunduh, dan disetting sesuai prosedur, maka ketika diletakkan di atas meja dan seseorang mengambilnya, atau bahkan menggesernya, maka hape akan berbunyi meraung-raung seperti sirine alarm, yang tidak bisa dimatikan tanpa menggunakan kode tertentu yang telah disetting oleh pemiliknya. Suaranya tidak bisa dikecilkan oleh si ‘pencuri’. Mirip aplikasi ini, ada aplikasi Alarm namanya Alarmy. Aplikasi ini sebuah aplikasi alarm, yang bisa digunakan sehari hari untuk membangunkan kita pada jam jam tertentu. Bedanya dengan alarm biasa, alarm ini tidak berhenti bunyi jika kita tidak bisa menyelesaikan puzzle atau tekateki yang telah di set sebelumnya. Ada banyak puzzle yang bisa diset pada aplikasi ini.

Yang menarik, ada aplikasi yang bisa dipasang pada dua handphone atau hape, sehingga kedua hape bisa saling terhubung dengan menggunakan Frequensi, jadi bisa tanpa kuota internet. Aplikasi ini mengubah fungsi Hape menjadi Walkie-Talkie. Ya, nama aplikasinya adalah WalkieTalkie. Ada juga aplikasi namanya Mega Phone (untuk Android), dengan aplikasi ini, kita bisa menggunakan Speaker Bluetooth sebagai pengeras suara kita dengan menghubungkannya dengan Hape kita. Terkadang kita ingin berbicara didepan banyak orang, namun tidak tersedia pengeras suara dan mikrofon, maka menggunakan aplikasi ini dengan Speaker Bluetooth akan sangat membantu.

Ada 2 aplikasi cool atau keren yang bisa diunduh. Aplikasi AR LOOPA, yang memungkinkan kita menempatkan seekor dinosaurus (atau hewan atau benda lain yang kita pilih) didalam ruangan kita secara virtual. Sebuah Augmented Reality (Realitas tertambah) atau sebuah bayangan yang seakan-akan nyata ada dihadapan kita jika dilihat dari hape, tapi faktanya tentu saja tidak ada. Terakhir, ada aplikasi Remini AI Photo Enhancer yang bisa memperjelas foto yang kabur.

Aplikasi yang paling tidak berguna bernama NOTHING. Kalau kita unduh dan buka, tidak ada lain selain tulisan “NOTHING” dilayar hape dengan latarbelakang putih. Anda tekan tekan tombol apapun tidak ada apa yang terjadi. Just nothing….  (diolah dari berbagai sumber podcast)

Penulis :
Suharman Musa

tt
(Visited 26 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.