Ahad, 15 Oktober 2023 – GenBI Wilayah Sulawesi Selatan menyelenggarakan kegiatan “Webinar GenBI Skizo[Friend]ia” yang dilaksanakan secara hybrid. Kegiatan luring dilaksanakan di Cafe Teaster, Jl. Rappocini dan daring dilaksanakan dalam Zoom Meeting. Kegiatan ini dihadiri oleh seluruh anggota GenBI Wilayah Sulawesi Selatan Periode 2023—2024.

Sambutan pertama oleh ketua panitia oleh Andi Muhammad Farid Mujahidin mengatakan, “Banyak terima kasih kepada semua peserta dan panitia yang sudah berpartisipasi dalam kegiatan ini.”

Sambutan kedua dari Ridwan Saputra selaku Ketua GenBI Wilayah Sulawesi Selatan sekaligus membuka kegiatan. “Seperti yang kita ketahui kesehatan mental adalah aspek yang penting dari diri kita dan sering terlupakan, dan Deputi kesehatan hadir memberikan kegiatan ini untuk memberikan edukasi apa itu skizofriendia,” ucapnya.

Kegiatan ini bertema, “Breaking Barriers: Unmasking Minds, Embracing Hearts”

Istiana Tajuddin, M.Psi, Psikolog, merupakan pemateri dari kegiatan ini yang juga merupakan seorang psikolog. Menjelaskan skizofrenia ditandai dengan pemikiran atau pengalaman yang nampak tidak berhubungan dengan kenyataan, ucapan atau perilaku yang tidak teratur, dan penurunan partisipasi dalam aktivitas sehari-hari. Kesulitan dalam berkonsentrasi dan mengingat. Selain itu, dijelaskan pula penyebab skizofrenia merupakan faktor lingkungan dan tekanan, serta dijelaskan juga tentang upaya penanggulangan untuk meningkatkan kesadaran terhadap kesehatan mental, khususnya dalam kasus skizofrenia, serta peran yang harus dilakukan oleh keluarga dan lingkungan yang mendukung.

Kegiatan ini juga menghadirkan penyintas skizofrenia bernama Hadi Awang Sakaria secara daring. Awang mengalami gejala awal pada tahun 2013 dan masih berjuang sampai sekarang. Keluarga yang merawat berpesan untuk tetap sabar dan menyemangati para teman-teman penyintas skizofrenia agar tidak berputus asa.

Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran tentang pentingnya kesehatan mental dan bagaimana mengidentifikasi gejala skizofrenia serta menciptakan lingkungan yang lebih inklusif dan mendukung bagi individu yang mengalami skizofrenia, serta meningkatkan pemahaman umum tentang pentingnya perawatan kesehatan mental.

“Kegiatan ini sangat berguna bagi kita khususnya kawula muda untuk lebih aware lagi dengan kesehatan mental,” ucap Safira salah satu peserta Webinar GenBI Skizo[Friend]Ia.

Reporter: Hardianti Lestari Hamid

(Visited 18 times, 1 visits today)
Avatar photo

By GenBI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.