Sebagai bagian dari komitmen untuk terus meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam dunia media, Deputi Public Relations dari Komunitas penerima Beasiswa Bank Indonesia (GenBI) telah mengadakan kunjungan istimewa ke Kantor Tribun Timur Kota Makassar pada Hari Rabu, 11 Oktober 2023, dalam rangka program GESIT (GENBI MEDIA VISIT).

GENBI MEDIA VISIT, yang dikenal juga dengan singkatan GESIT, adalah salah satu implementasi nyata dari program kerja Deputi Public Relations GenBI. Kegiatan ini digelar di Kantor Tribun Timur Kota Makassar, dengan fokus utama pada konsep sharing session dan pembekalan materi mengenai Press Release serta pengetahuan mendalam lainnya tentang industri media.

Acara ini bertujuan kuat untuk memberikan pemahaman yang lebih mendalam, khususnya bagi Deputi Public Relations GenBI, mengenai penulisan Press Release dan seluk-beluk penulisan berita. Selain itu, kegiatan ini juga menjadi wadah untuk berbagi pengalaman dan pengetahuan melalui sesi sharing dari para narasumber berpengalaman.

Kegiatan ini dihadiri oleh 25 orang perwakilan dari Komunitas GenBI, yang berdedikasi untuk terus memperkuat kompetensi mereka dalam dunia media dan komunikasi. Acara dimulai dengan sambutan hangat dari pihak Tribun Timur di ruang redaksi, sebagai tanda selamat datang kepada para peserta. Pada kesempatan tersebut, Aditya Prayoga selaku ketua panitia juga memberikan sambutan pembukaan yang inspiratif. “GenBI Media Visit ini tidak lain untuk meningkatkan kapabilitas teman-teman dari GenBI, khususnya divisi Public Relations. Saya juga berharap kegiatan ini menjadi hal positif bagi Tribun Timur dan juga GenBI” Ucapnya.

Sesi berlanjut dengan pemaparan materi dari Tribun Timur oleh Ronald Ngantung, yang merupakan Wakil Pimpinan Redaksi Tribun Timur Kota Makassar. Dalam materi yang disampaikannya, Ronald Ngantung berbicara tentang evolusi yang luar biasa dalam perkembangan media pers sepanjang sejarah. ” Perkembangan yang sangat luar biasa dari media pers dan tentunya adalah sebuah tantangann untuk tribun timur kota makassar untuk selalu beradaptasi ” Ucapnya. Kemudian beliau juga menyoroti transformasi dari media konvensional seperti koran menuju penggunaan aktif media sosial dan platform berita daring.

Ronald juga menekankan bahwa, meskipun perubahan ini merupakan tantangan yang signifikan, Tribun Timur telah berhasil menjaga relevansi dan beradaptasi dengan baik, menjadikannya salah satu pelaku utama dalam industri media pers di era digital ini.

Setelah sesi materi, peserta diajak berkeliling di kantor Tribun Timur untuk melihat berbagai ruangan penting, termasuk Studio Podkes, yang merupakan ruang sentral untuk produksi dan pengeditan konten berita, baik yang diterbitkan dalam koran maupun di platform media sosial.

Ahady Febriansyah, salah satu peserta, tak menyembunyikan antusiasmenya, “Sangat seru mengikuti kegiatan hari ini karena kita diberi kesempatan untuk berinteraksi langsung dengan proses kerja di media pers dan melihat secara langsung bagaimana berita dibuat dan disebarkan.”

Kegiatan ini ditutup dengan momen pemberian cenderamata khusus dari GenBI kepada Tribun Timur Kota Makassar sebagai ungkapan rasa terima kasih atas keramahan dan kesempatan yang telah diberikan kepada Komunitas GenBI. Acara ditutup dengan sesi foto bersama yang penuh kebahagiaan dan rasa persahabatan.

Penulis : Ahady Febriansyah

(Visited 28 times, 1 visits today)
Avatar photo

By GenBI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.