amin syam

Buku : Religiusitas Birokrasi, Refleksi Kepemimpinan H.M. Amin Syam

Editor : Drs. H. Waspada Santing dkk.

Penerbit : Pustaka Al-Zikra

Tempat : Makassar

Tahun : 2007

Jumlah Halaman : xx + 181

Ukuran : 14,5 x 21 cm

ISBN : 979-15038-0-X

H. Muhammad Amin Syam adalah seorang tokoh Sulawesi Selatan, mantan Gubernur Sulawesi Selatan dari tahun 2003 – 2008, seorang anggota TNI yang juga mantan Bupati Enrekang, pernah menjadi Ketua Umum Partai Golongan Karya, dan pernah memimpin Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sulawesi Selatan. Lahir di kota Watampone (Bone) pada 12 Desember 1945 dan wafat di Makassar pada 1 September 2023.

Buku ini adalah kumpulan tulisan yang mengisahkan perjalanan hidup dan karir H.M. Amin Syam, terutama sisi religiusitas beliau dalam memimpin Provinsi Sulawesi Selatan. Jadi buku ini, tidak dapat dikategorikan sebagai Biografi karena tidak banyak kisah perjalanan hidup dan karirnya yang dibahas. Hal utama yang dibahas dalam buku ini adalah pengamalan nilai nilai ajaran Islam dalam menjalankan tugas negara sebagai peminpin daerah Sulawesi Selatan.

Dokumentasi foto kegiatan H.M. Amin Syam ketika menjabat Gubernur Sulawesi Selatan

Nilai nilai ajaran Islamn senantiasa beliau terapkan dalam kehidupannya sehari hari, baik sebagai seorang pribadi, maupun sebagai pejabat negara. Orang orang yang dekat dengan beliau mengatakan bahwa sosok H. M. Amin Syam selalu berusaha menunaikan shalat wajib 5 waktu tepat waktu, sesibuk apapun beliau. Selama beliau menjadi Gubernur, ada beberapa Peraturan Daerah (PERDA) yang terkait dengan pengamalan ajaran Islam, misalnya Perda Pemberlajaran Al-Qur’an.

Buku setebal 181 halaman ini dibagi dalam 4 bagian utama, diawali dengan Sambutan sambutan, dari ketua MUI Sulsel, dan ketua MUI Pusat. Juga ada Sekapur Sirih dari Prof. Dr. H. Nasaruddin Umar, M.A yang menjabat sebagai Dirjen Bimas Islam Departemen Agama RI waktu buku ini diterbitkan.

Bagian pertama buku ini membahas tentang perjalanan hidup dan karir H.M. Amin Syam di kancah Militer, pengabdian beliau di Birokrasi Sipil, dan kehidupan awal keluarganya.

Bagian kedua membahas tentang masa masa pemerintahan beliau memimpin Sulawesi Selatan, yang menganggap dirinya ‘pelayan umat’. Perhatian beliau kepada para kaum Dhuafa dan Muallaf serta hubungan antara Ulama, Umara dan Zu’ama juga dibahas pada bagian kedua ini.

Dokumentasi foto kegiatan Gubernur H. M. Amin Syam

Selanjutnya pada bagian ketiga dibahas tentang pentingnya pendidikan pada masyarakat, bagaimana H. M. Amin Syam memprioritaskan pembangunan dan renovasi sarana pendidikan pada masa pemerintahannya. Diuraikan pula gebrakan beliau melalui program Gerakan Pembelajaran Al-Qur’an dan perlunya pambinaan masyarakat dalam memelihara kerukunan antar umat beragama.

Sebagai penutup, adalah berbagai komentar atau kesaksian tentang pribadi dan jati diri H.M. Amin Syam. Berbagai foto foto dokumentasi kegiatan beliau selama menjabat sebagai Gubernur juga dipajang pada bagian akhir ini. Biodata H.M. Amin Syam dan ucapan terimakasih dari para penulis juga dicamtumkan pada bagian akhir.

Pada bagian akhir buku ini, sebagai penutup adalah diodata singkat para penulis dan editor buku ini.

Buku koleksi layanan Perpustakaan Abdurrasyid Dg. Lurang, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sulawesi Selatan,

Suharman Musa

Email : shrmnms@gmail.com  WA : 085241699630

tt
(Visited 66 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.