Oleh: Syafrina Tisyam, S.Pd.*

Hari ini, Sabtu 9 September 2023 pukul 13:30 saya sepertinya bermimpi bisa bertemu seorang inspirator dan penggerak, penulis buku-buku motivasi dan kepemimpinan yang dihadirkan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pesisir Selatan, di hadapan 400 orang guru PPPK yang baru diangkat.

Materi yang disampaikan “Penguatan Literasi Guru di Era Merdeka Belajar” benar-benar membakar semangat kami. Diksi bahasa yang memukau serta tekanan vokalnya membahana ke setiap sudut gedung Painan Convention Center (PCC) membuat kami tidak pernah mengantuk, bahkan kami semakin semangat mengikuti sampai akhir.

Pada pertengahan materinya, sang inspirator Bapak Ruslan Ismail Mage meminta saya bercerita bagaimana perasaan setelah sekian tahun menunggu hingga akhirnya diangkat menjadi guru PPPK. Saya tidak langsung menjawabnya karena tiba-tiba mata saya basah mengenang perjuangan 16 tahun menjadi guru honorer.

Terlalu banyak suka dan duka telah saya lalui. Terlebih setelah hampir semua teman-teman sudah diangkat menjadi guru PPPK, sementara saya masih tetap menjadi guru honorer dengan segala ketulusan dan keihklasan. Saya bersyukuri karena jiwa tidak pernah goyah, bahkan dalam kondisi seperti itu tidak menyurutkan semangat saya sebagai pendidik.

Saya terus ikhlas menjalani tugas sebagai guru honorer dan menikmati dinamika mengajar anak didik dengan harapan suatu saat bisa diangkat menjadi guru PPPK. Alhamdulillah, doa saya terkabulkan oleh Allah Swt. Tahun 2021 saya ikut tes guru PPPK dan dinyatakan sebagai salah seorang yang lulus.

Perjuangan dan kesabaran saya berdamai dengan kenyataan akhirnya membuahkan hasil. Ketulusan dan kekhlasan mengajar tanpa mengeluh, serta melangitkan doa setiap saat tidak disia-siakan oleh Allah Swt. Kuncinya kita harus ikhlas menjalani takdir.

Mendengar cerita semangat perjuangan saya selama 16 tahun mengabdi menjadi guru honorer dengan mata basah menahan kristal-kristal bening, mata sang inspirator pun ikut basah menjiwai cerita saya. Terima kasih Dinas Pendidikan dan Kebudayaan yang telah menghadirkan motivator nasional untuk membakar semangat kami menjadi guru tangguh dalam melahirkan generasi andal masa depan di Kabupaten Pesisir Selatan. []

*Guru di UPT SDN 32 Teluk Raya Kecamatan Koto Xl Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan

(Visited 535 times, 1 visits today)
Avatar photo

By Inspirasi Daerah

Inspirasi Daerah memuat narasi pemerintahan daerah seluruh Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.