Saya sangat kehilangan. Sore itu, saya terkejut dan lemas membaca pesan masuk tentang wafatnya Dr. Gugun Gunardi. Saya bersegera menuju rumahnya di Bandung. Mendapati jenazah Sang Sahabat di ruang tamu, kerabat dan handai taulan tengah berdoa di depannya. Saya bergabung untuk ikut berdoa. Sejujurnya, pikiran saya melayang teringat kebaikan dan kesungguhan almarhum dalam memajukan dunia perbukuan di Jawa Barat.

Kang Doktor, demikian panggilan saya kepada beliau, adalah salah satu pengurus IKAPI Jawa Barat. Saya memang yang meminta beliau bergabung. Waktu itu beliau masih aktif sebagai dosen di Universitas Padjadjaran, Bandung. Kesibukannya mengajar tak menyurutkanya untuk bersama-sama menggiatkan dunia literasi melalui IKAPI. Kang Doktor menjadi teman berdiskusi. Ia tak jarang ikut ambil bagian dalam pelatihan menulis buku yang IKAPI selenggarakan. Kepiawaian dalam bahasa dan sastra, terutama bahasa Sunda, tidak diragukan lagi. Ia menjadi tempat saya berkonsultasi tentang arti sebuah kosakata maupun budaya Sunda.

Karena itu, saya sangat menyambut baik terbitnya buku berjudul “Setelah Kesempatan Kedua” yang berisi kumpulan tulisan karya Kang Doktor sebagaimana termuat dalam Bengkel Narasi. Dari tulisan-tulisan tersebut, kita mendapati betapa pengetahuan Kang Doktor tentang bahasa dan budaya Sunda begitu luas dan mendalam. Beliau memang seorang pengkaji ilmu yang langka. Tulisan dalam buku ini membuka mata dan pikiran kita tentang pentingnya memuliakan budaya sendiri dan menggunakan bahasa Ibu dengan baik dan benar.

Dan yang lebih saya kagumi, ia tidak duduk dan sibuk di menara gadingnya, tapi turun dan bergabung bersama kami di tengah masyarakat, lewat Bengkel Narasi dan IKAPI, memberi pencerahan tanpa pamrih. Kami menjuluki orang-orang seperti Kang Doktor sebagai Jihadis Literasi.

Innalillahi wainailaihi Rajiun. Sesungguhnya kami milik Allah dan kepada-Nyalah kami akan kembali. Sungguh jasa-jasamu abadi. Semoga Allah Swt membalas amal baik yang Kang Doktor berikan selama hadir di dunia ini. Selamat jalan Jihadis Literasi.

Bandung, 1 Juli 2024
Mahpudi

(Visited 20 times, 2 visits today)
Avatar photo

By Iyan Apt

Sosiopreneur, Writerpreneur & Book Publisher

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.