World Environment Day

Dengan kondisi sulit pandemi COVID-19, beberapa selebritas terbesar India, termasuk aktor Shilpa Shetty, Akshay Kumar, dan Arjun Kapoor, bersatu untuk meningkatkan kesadaran tentang perlunya melindungi lingkungan dan memulihkan zona penyangga antara manusia dan hewan.

Dalam serangkaian video buatan sendiri yang dirilis pada malam Hari Lingkungan Hidup Sedunia, para bintang menyerukan upaya global bersama untuk memerangi perubahan iklim, membatasi polusi, dan membalikkan perusakan ruang alami, seperti hutan dan lahan basah. Video-video tersebut diproduksi oleh Bhamla Foundation.

“Kebakaran hutan, terumbu karang yang sekarat, udara yang tercemar, dan sekarang menjadi pandemi global. Itu membawa planet kita ke ambang kehancuran total dan kita semua bertanggung jawab,” kata Kapoor. “Kami tidak mewarisi Bumi ini dari nenek moyang kami, tetapi meminjamnya dari anak-anak kami. Adalah tugas kita untuk meninggalkan dunia yang bersih, sehat, dan berkembang bagi mereka.”

Lebih dari 340.000 orang India telah meninggal karena COVID-19 dan sementara asal-usul virus corona masih diperdebatkan, Organisasi Kesehatan Dunia percaya itu mungkin muncul pada hewan liar sebelum melompat ke manusia. Sebuah laporan tahun 2020 dari Program Lingkungan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNEP) menemukan bahwa urban sprawl, penebangan, dan perluasan pertanian memakan ruang alami, mengurangi zona penyangga antara manusia dan hewan. Itu membuat pandemi, seperti COVID-19, lebih mungkin terjadi, katanya. Lebih dari 60 persen mikroba yang diketahui menginfeksi manusia berasal dari hewan.

“Ada hubungan yang sangat nyata antara bagaimana kita memperlakukan planet ini dan pandemi,” kata Atul Bagai, koordinator kantor UNEP India. “Jika kita ingin mencegah COVID-19 lainnya, kita perlu memperbaiki kerusakan yang telah kita lakukan dan memberi ruang untuk bernafas antara manusia dan hewan.”

Hari Lingkungan Hidup Sedunia menandai peluncuran resmi Dekade PBB tentang Restorasi Ekosistem, dorongan global 10 tahun untuk menghidupkan kembali hutan, sungai, dan ruang alami lainnya yang rusak akibat pembangunan. Itu terjadi ketika aktivitas manusia telah mengubah lebih dari 75 persen permukaan bumi dan degradasi ekosistem mempengaruhi sekitar 3,2 miliar orang.

Untuk menyoroti tantangan tersebut, Bhamla Foundation meminta bantuan beberapa bintang terbesar India. Dengan negara yang berada dalam cengkeraman gelombang kedua COVID-19, banyak yang berbicara dari rumah mereka, beberapa memegang ponsel, tentang apa yang mereka gambarkan sebagai urgensi untuk memulihkan planet ini.

“Kita semua berhak atas lingkungan yang sehat, bersih, dan berkelanjutan,” kata aktor dan produser Shilpa Shetty. “Kita perlu memperhatikan pilihan yang kita buat (dan) mengambil langkah-langkah efektif untuk membantu Alam Sembuh dari kerusakan puluhan tahun.”

Selebriti lain yang mengajukan banding termasuk aktor Taapsee Pannu, Ali Fazal, Bhumi Pednekar, dan Sonu Sood, legenda kriket Sachin Tendulkar, desainer Manish Malhotra, dan jurnalis Faye D’Souza.

Duta Besar PBB Dia Mirza juga memiliki pesan untuk para penggemar pada Hari Lingkungan Hidup Sedunia. Sang calon ibu memposting foto dirinya di Instagram memeluk pohon dengan judul: “Jika COVID-19 mengajari kita satu hal, itu akan menjadi hubungan yang tak terbantahkan antara kesehatan manusia dan alam.” Dia mendesak para penggemar untuk bergabung dalam diskusi online seputar Hari Lingkungan Hidup Sedunia dan mengambil peran aktif dalam restorasi ekosistem.

(Visited 30 times, 1 visits today)

By Iyan Apt

Farmasis, Writerpreneur, dan Book Publisher @ Elfatih Media Insani

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *