Bagaimana tembakau merusak hutan kita?
Diperkirakan 1,5 miliar hektar hutan (terutama tropis) telah hilang di seluruh dunia sejak tahun 1970-an karena tembakau, berkontribusi hingga 20% dari peningkatan gas rumah kaca tahunan.
Pohon ditebang untuk membuka lahan pertanian tembakau, selain itu kayu dibakar untuk perawatan daun tembakau setelah panen. Dibutuhkan sekitar satu pohon utuh, untuk membuat 300 batang rokok.
Sekitar 200.000 hektar lahan dibuka setiap tahun untuk menanam dan menyembuhkan tembakau.
Pertanian tembakau menyumbang sekitar 5% dari total deforestasi nasional, secara tidak proporsional mempengaruhi wilayah penghasil tembakau di dunia, termasuk Afrika Selatan, Timur Tengah, Asia Tenggara, Amerika Selatan, dan Karibia.

Bagaimana pertanian tembakau merusak tanah kita?
Tanah subur yang bisa digunakan untuk menanam tanaman bergizi digunakan untuk tembakau. Penipisan tanah yang disebabkan oleh pertumbuhan tembakau semakin berkontribusi pada kerawanan pangan dan tantangan gizi.
Merehabilitasi tanah setelah pertanian tembakau membutuhkan biaya yang mahal. Berdasarkan data yang dikumpulkan pada tahun 2014, dibutuhkan biaya 20,6 juta USD untuk membalikkan efek negatif pada tanah di Bangladesh yang disebabkan oleh satu tahun pertanian tembakau.
Penggurunan yang disebabkan oleh pertumbuhan tembakau sekarang terlihat di banyak negara termasuk Brasil, India, Yordania, dan Kuba.

Bagaimana pertumbuhan dan penggunaan tembakau mempengaruhi persediaan air?
Seluruh siklus hidup sebatang rokok membutuhkan sekitar 3,7 liter air, ini termasuk penanaman, pembuatan, distribusi, penggunaan, dan pembuangan. Rata-rata perokok bisa menghemat hingga 74 liter air per hari jika mereka berhenti merokok.
Menanam tembakau menghabiskan tabel air. Tahap penanaman tembakau saja membutuhkan jumlah air yang sama dengan yang dibutuhkan seseorang untuk satu tahun penuh.
Berdasarkan jumlah rokok yang diproduksi pada tahun 2015 di Brasil, produsen tembakau terbesar ke-3, 263.813.700.000 liter air digunakan untuk memproduksi pasokan tahunannya. Mengingat bahwa rata-rata orang minum sekitar 700 liter air per tahun, jika semua air ini diubah menjadi air minum, air tersebut akan mampu menghidrasi sekitar 3,7 juta orang, yang merupakan sekitar seluruh penduduk ibu kotanya, Brasilia.
Sekarang diketahui bahwa filter rokok (puntung rokok) adalah salah satu zat paling berpolusi dan beracun yang ditemukan di badan air. Dibutuhkan puntung rokok sekitar 10 tahun untuk terurai, memberikan waktu bagi nikotin dan bahan kimia untuk merembes ke ekosistem sekitarnya.
Sebuah studi dari EPA menyimpulkan bahwa ketika puntung rokok direndam dalam air tawar selama 96 jam, kurang lebih setengah ikan mati.

Bagaimana tembakau mencemari udara kita?
Untuk memproduksi satu batang rokok, 14 gram CO2 dikeluarkan sepanjang siklus hidupnya.
Produksi tembakau menyumbang hampir 84 juta metrik ton emisi setara CO2 setiap tahun. Itu setara dengan 280.000 roket yang diluncurkan ke luar angkasa.
Asap tembakau berkontribusi pada tingkat polusi udara yang lebih tinggi dan mengandung tiga jenis gas rumah kaca: karbon dioksida, metana, dan dinitrogen oksida, yang mencemari lingkungan dalam dan luar ruangan.

Bagaimana tembakau berkontribusi terhadap membuang sampah sembarangan?

Secara global, perkiraan berat limbah yang dihasilkan setiap tahun dari keseluruhan siklus hidup tembakau adalah sekitar 25 juta metrik ton.
Hampir semua rokok komersial memiliki filter selulosa asetat yang terpasang; aditif ini tidak dapat terdegradasi dengan baik dan merupakan sumber kontaminasi mikroplastik terhadap lingkungan.
Sekitar 4,5 triliun batang rokok dibuang ke lingkungan setiap tahun.
Survei perilaku membuang sampah sembarangan menemukan bahwa sekitar 65% perokok membuang puntung rokok secara tidak benar (misalnya di trotoar, pantai, dll.)
Ada lebih dari 7.000 bahan kimia yang dilepaskan ke lingkungan dari penggunaan sebatang rokok – 70 di antaranya dikenal sebagai karsinogen.

Bagaimana e-waste berkontribusi terhadap pencemaran lingkungan?
Limbah elektronik, secara umum, sudah menjadi masalah yang luar biasa, dengan 99 miliar pound dibuang setiap tahun menurut perkiraan global 2017.
Pembuangan kartrid dan baterai rokok elektrik merupakan masalah lingkungan yang utama. Sebagian besar kartrid rokok elektrik plastik tidak dapat digunakan kembali atau didaur ulang dan berakhir di selokan, jalan, dan saluran air.
Pembuangan produk ini secara tidak benar sangat berbahaya bagi lingkungan karena terbuat dari bahan yang tidak dapat terurai secara hayati, seperti gulungan logam, plastik, atomizer, baterai, dan chip pengontrol mikro. Selain itu, banyak produk yang sekali pakai.

Bagaimana penggunaan tembakau tanpa asap berkontribusi terhadap pencemaran lingkungan?
Penggunaan sachet/kantong plastik secara sembarangan telah menjadi masalah lingkungan baru di beberapa negara di mana bentuk tembakau tanpa asap seperti gutkha, pan masala, dll. dikemas dan dijual.
Kerusakan lingkungan, manusia, dan ekologi bahan limbah plastik, terutama biologi kelautan, didokumentasikan dengan baik.
Masalah penggunaan kantong plastik untuk mengemas bentuk tembakau tanpa asap awalnya terbatas pada ekonomi Asia Selatan, tetapi dalam dekade terakhir ini telah menjadi perhatian global. Ini karena pemasaran yang agresif dan pengenalan gutkha dan pans masala ke pasar baru di Asia dan Afrika.

Bagaimana dampak lingkungan tembakau mempengaruhi kesehatan kita?
kesehatan petani
Seorang petani tembakau yang menanam, mengolah dan memanen tembakau, dapat menyerap nikotin sebanyak yang ditemukan dalam 50 batang rokok. Green Tobacco Sickness (GTS) adalah bentuk keracunan nikotin yang terjadi pada sekitar 1 dari 4 petani.
Petani tembakau juga dapat mengalami peningkatan konsentrasi aluminium dan arsenik dalam darah karena paparan pestisida. Paparan kronis pestisida tertentu menghasilkan beberapa efek kesehatan termasuk cacat lahir, tumor jinak dan ganas, perubahan genetik, kelainan darah, kelainan neurologis, dan gangguan endokrin.
Kesehatan anak-anak
Seringkali, anak-anak bekerja di pertanian tembakau, dan mereka sangat rentan mengingat berat badan mereka relatif terhadap proporsi nikotin yang diserap melalui kulit mereka dari penanganan daun tembakau. Petani tembakau muda mungkin mengalami peningkatan risiko disfungsi ginjal dini serta prevalensi merokok yang lebih tinggi.
Kesehatan perempuan
Wanita secara tidak proporsional terpengaruh oleh efek berbahaya dari pertanian tembakau karena mereka menghadapi risiko infertilitas dan masalah reproduksi yang lebih tinggi.

Apa beban kemanusiaan dan ekonomi dari penggunaan tembakau?
Penggunaan tembakau dikaitkan dengan beban kemanusiaan dan ekonomi yang substansial. Merokok dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit kardiovaskular, penyakit pernapasan, kanker, diabetes, hipertensi, dan banyak lagi.
Merokok tembakau di ruang dalam ruangan, merupakan kontributor utama polusi udara, karena melepaskan racun ke udara, meningkatkan risiko paparan orang-orang di sekitar. Perokok pasif bertanggung jawab atas kematian dini 1,2 juta orang di seluruh dunia setiap tahun, selain penyakit kardiovaskular dan pernapasan.
Berdasarkan hasil studi tahun 2018, total biaya ekonomi global akibat merokok, baik dari pengeluaran kesehatan maupun kerugian produktivitas, setara besarnya dengan 1,8% dari produk domestik bruto (PDB) tahunan dunia. Sekitar 40% dari biaya ini terjadi di negara berkembang.

Taktik apa yang digunakan industri tembakau untuk membersihkan reputasinya?
Taktik licik digunakan oleh industri tembakau untuk membersihkan reputasinya dan menggambarkan dirinya sebagai industri yang berkelanjutan dan ramah lingkungan.
Taktik ini digunakan untuk menyembunyikan fakta bahwa pertanian, produksi, konsumsi, dan penggunaan tembakau merugikan baik lingkungan sekitar maupun kesehatan petani dan pengguna tembakau.
Misalnya, maksud dari data industri yang dilaporkan sendiri adalah untuk menyesatkan publik agar meminimalkan dampak pertumbuhan tembakau terhadap lingkungan dan komunitas negara-negara di seluruh dunia.
Pemasaran dan pelabelan lingkungan rokok sebagai ‘alami’ dan ‘organik’ membuat pengguna tembakau percaya bahwa produk tersebut tidak berbahaya bagi mereka.
Perusahaan tembakau mendanai sekolah, sistem kesehatan, organisasi lingkungan dan bantuan bencana, dan program pembersihan limbah produk tembakau, terutama di negara-negara berpenghasilan rendah dan menengah, untuk diakui atas kontribusinya kepada masyarakat.
Untuk mengetahui lebih lanjut tentang taktik greenwashing, silakan lihat Infografis STOP tentang greenwashing.

Bagaimana negara dapat mengatasi masalah tersebut?
Berdasarkan Pasal 18 Konvensi Kerangka Kerja WHO tentang Pengendalian Tembakau, para pihak “setuju untuk memperhatikan perlindungan lingkungan dan kesehatan orang-orang yang terkait dengan lingkungan sehubungan dengan penanaman dan pembuatan tembakau di dalam wilayah masing-masing”.
Negara-negara dapat memberlakukan ‘Prinsip Kebijakan Tanggung Jawab Produsen yang Diperpanjang’ untuk mengurangi masalah limbah produk tembakau dan rokok elektrik dan untuk meminta pertanggungjawaban tembakau dan industri terkait atas biaya pembersihan dan pembuangan limbah.
Pemerintah dapat mengenakan retribusi pajak lingkungan pada produsen, distributor, dan konsumen tembakau untuk emisi karbon, polutan udara, dan biaya lingkungan lainnya yang disebabkan oleh rantai pasokan produk tembakau.
Negara-negara mengakui penggunaan plastik sekali pakai yang tidak dapat terurai dalam filter rokok dan produk nikotin lainnya dan harus mengambil tindakan yang tepat untuk menghentikan penggunaan plastik dalam produk nikotin dan tembakau.
Petani dapat didukung melalui insentif pemerintah untuk berpartisipasi dalam substitusi tanaman dengan menanam tanaman yang lebih berkelanjutan yang akan bermanfaat bagi penghidupan masyarakat.

Sumber: https://www.who.int/news-room/questions-and-answers/item/q-a-world-no-tobacco-day-2022

(Visited 58 times, 1 visits today)
Avatar photo

By Iyan Apt

Sosiopreneur, Writerpreneur & Book Publisher

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

%d blogger menyukai ini: