Albert Einstein adalah fisikawan teoretis kelahiran Jerman, secara luas diakui sebagai salah satu fisikawan terbesar sepanjang masa. Einstein terkenal atas pengembangan teori relativitas, tetapi ia juga membuat konstribusi penting terhadap pengembangan teori mekanika kuantum

wikipedia

๐€๐ฅ๐›๐ž๐ซ๐ญ ๐„๐ข๐ง๐ฌ๐ญ๐ž๐ข๐ง (bahasa Jerman: [หˆalbษ›ษฬฏt หˆส”aษชnสƒtaษชn] 14 Maret 1879-18 April 1955) adalah Fisikawan teoretis kelahiran Jerman, secara luas diakui sebagai salah satu Fisikawan terbesar sepanjang masa).

๐„๐ข๐ง๐ฌ๐ญ๐ž๐ข๐ง terkenal atas pengembangan ๐™ฉ๐™š๐™ค๐™ง๐™ž ๐™ง๐™š๐™ก๐™–๐™ฉ๐™ž๐™ซ๐™ž๐™ฉ๐™–๐™จ , tetapi ia juga membuat konstribusi penting terhadap pengembangan teori mekanika kuantum.

Relativitas dan mekanika kuantum adalah dua pilar fisika modern. Karya-karyanya juga dikenal karena berpengaruh terhadap filsafat ilmu.  

Persamaan ๐„๐ข๐ง๐ฌ๐ญ๐ž๐ข๐ง yang paling dikenal adalah, ๐™ง๐™ช๐™ข๐™ช๐™จ ๐™ ๐™š๐™จ๐™š๐™ฉ๐™–๐™ง๐™–๐™–๐™ฃ ๐™ข๐™–๐™จ๐™จ๐™– ๐™š๐™ฃ๐™š๐™ง๐™œ๐™ž ๐™€=๐™ข๐™˜2 yang dijuluki “persamaan paling terkenal di dunia”.

Sederhananya, melalui teori ini menjelaskan bahwa hukum fisika akan selalu sama dan konstan di mana pun. Namun sesuatu yang terjadi pada ruang dan waktulah yang membuatnya berbeda. Melalui pandangan yang berbeda akan menghasilkan ruang dan waktu kejadian secara berbeda pula. Semua hal tersebut sifatnya relatif.

teori relavitas

๐„๐ข๐ง๐ฌ๐ญ๐ž๐ข๐ง menerima Nobel Fisika pada tahun 1921″ atas jasanya terhadap fisika teoretis dan khususnya atas penemuannya tentang ๐ก๐ฎ๐ค๐ฎ๐ฆ ๐ž๐Ÿ๐ž๐ค ๐Ÿ๐จ๐ญ๐จ๐ฅ๐ข๐ฌ๐ญ๐ซ๐ข๐ค “, yang menjadi langkah penting dalam pengembangan teori kuantum.

Menjelang awal kariernya, ๐„๐ข๐ง๐ฌ๐ญ๐ž๐ข๐ง berpendapat bahwa mekanika newton tak lagi mampu menyatukan hukum mekanika klasik dengan hukum medan elektromagnetik.

Hal ini mendorongnya mengembangkan ๐™ฉ๐™š๐™ค๐™ง๐™ž ๐™ง๐™š๐™ก๐™–๐™ฉ๐™ž๐™ซ๐™ž๐™ฉ๐™–๐™จ khusus saat bekerja di kantor paten Swiss di Bern (1902-1909).

Tetapi, ia kemudian menyadari bahwa prinsip relativitas juga dapat diperluas cakupannya pada medan gravitasi, dan ia menerbitkan sebuah makalah mengenai relativitas umum pada tahun 1916 dengan teorinya tentang gravitasi.

๐„๐ข๐ง๐ฌ๐ญ๐ž๐ข๐ง terus meneliti masalah mekanika statistika dan teori kuantum, yang mengarah pada penjelasannya mengenai teori partikel dan gerak molekul.

Pada tahun 1933, ketika ๐„๐ข๐ง๐ฌ๐ญ๐ž๐ข๐ง mengunjungi Amerika Serikat, ๐€๐๐จ๐ฅ๐Ÿ ๐‡*๐ญ๐ฅ๐ž* berkuasa. Karena latar belakang Yahudinya, ๐„๐ข๐ง๐ฌ๐ญ๐ž๐ข๐ง memilih tidak kembali ke Jerman.

Ia menetap di Amerika Serikat dan menjadi warga negara Amerika pada tahun 1940. Menjelang perang Dunia II ๐„๐ข๐ง๐ฌ๐ญ๐ž๐ข๐ง mengirim surat kepada presiden  ๐™๐™ง๐™–๐™ฃ๐™ ๐™ก๐™ž๐™ฃ ๐˜ฟ ๐™๐™ค๐™ค๐™จ๐™š๐™ซ๐™š๐™ก๐™ฉ , yang memperingatkannya mengenai potensi pengembangan “๐˜ฃ๐˜ฐ๐˜ฎ ๐˜ซ๐˜ฆ๐˜ฏ๐˜ช๐˜ด ๐˜ฃ๐˜ข๐˜ณ๐˜ถ ๐˜บ๐˜ข๐˜ฏ๐˜จ ๐˜ด๐˜ข๐˜ฏ๐˜จ๐˜ข๐˜ต ๐˜ฅ๐˜ข๐˜ฉ๐˜ด๐˜บ๐˜ข๐˜ต” dan menyarankan agar AS segera memulai penelitian serupa.

Sarannya ini pada akhirnya mengarah pada proyek Manhattan. ๐„๐ข๐ง๐ฌ๐ญ๐ž๐ข๐ง mendukung sekutu, tetapi menentang gagasan penggunaan fisi nuklir sebagai senjata. 

๐„๐ข๐ง๐ฌ๐ญ๐ž๐ข๐ง menandatangani ๐˜”๐˜ข๐˜ฏ๐˜ช๐˜ง๐˜ฆ๐˜ด๐˜ต๐˜ฐ ๐˜™๐˜ถ๐˜ด๐˜ด๐˜ฆ๐˜ญ๐˜ญ-๐˜Œ๐˜ช๐˜ฏ๐˜ด๐˜ต๐˜ฆ๐˜ช๐˜ฏ bersama filsuf Britania Raya Bertrand Russell, yang menyoroti dan mengecam bahaya senjata nuklir.

Ia mengabdi di Institute for advanced  study di princeton , New Jersey, hingga kematiannya pada tahun 1955.

Tidak mengherankan sesungguhnya jika ia kemudian dinobatkan sebagai orang terpintar di dunia. Dengan IQ mencapai 225 lebih dari manusia pada umumnya, kontribusi Albert Einstein dalam bidang Fisika sangat besar bagi dunia.

Penghargaan  :
    1).Medali Barnard (1920)
    2).Nobel Fisika (1921)
3). Medali Matteucci (1921)
    4). ForMemRS (1921)
5). Medali Copley (1925)
6).Gold Medal of the Royal
7). Astronomical Society (1926)
8). Medali Max Planck (1929)
9). Member of the National Academy of Sciences (1942)
10). Tokoh Abad Ini Time (1999).

Semoga bermanfaat. Tulisan ini disadur dari beberapa sumber.

Diedit untuk diberdayakan bagi pecinta literasi.
Makassar, 5 September 2022

Sudirman Muhammadiyah

Belajar dari kemarin, hidup untuk hari ini, berharap untuk besok. Yang penting jangan sampai berhenti bertanya.

Albert Einstein

Referensi  :

โ€ข Rowe, David E.  and Schulmann, Robert, editors.  Einstein on Politics, Princeton University Press (2007).
โ€ข Stateless Jews:  The Exiles from Germany, Nationality Plan”, The Guardian (UK) 27 July 1933.
โ€ข Denunciation of German Policy is a Stirring Event”, Associated Press, 27 July 1933.
โ€ข Gilbert, Martin.  Churchill and the Jews, Henry Holt and Company, N.Y. (2007) pp. 101, 176.
Albert Einstein adalah fisikawan teoretis kelahiran Jerman, secara luas diakui sebagai salah satu fisikawan terbesar sepanjang masa. Einstein terkenal atas pengembangan teori relativitas, tetapi ia juga membuat konstribusi penting terhadap pengembangan teori mekanika kuantum. 
Karena pemikirannya itu, Newton banyak mendapat penghargaan dari berbagai pihak. Hingga saat ini, Newton dikenal sebagai ‘Bapak Fisika Klasik’ yang ilmunya masih terus digunakan.Isaac Newton

(Visited 170 times, 1 visits today)
Avatar photo

By Sudirman Muhammadiyah

Dr. Sudirman, S. Pd., M. Si. Dosen|Peneliti|Penulis| penggiat media sosial| HARTA|TAHTA|BUKU|

3 thoughts on “Bersama Pemikiran Si Jenius Albert Einstein”
  1. Eistein dalam Teorinya (Relativitas) dengan rumus Kesetaraan Massa Energi E= M2. Ini sudah menjadi nyata hari ini. Dimana dierah modeenisasi semuanya merujuk kepada teori Eistein. Kekuatan E Mc. Adalah sudah menjadi nyata. Semuanya serba online E. Adalah gambaran kekuatan Electronik contoh. E. Ktp, E Sim E perbangkan bahkan dikehidupan sehari-hari ini sudah nyata apa yang menjadi kebutuhan dirumah saja kita sudah bisa menikmati dari E= M2. Sayang sampai sekarang dari gambaran Energi A,I,U,E, dan O sebagian pada tataran energi E= M2. Eistein sudah membongkarnya. Tapi kekuatan dan energi A,I,U belum belum ada ahli dan fakar membahasnya, padahal inilah rentetan siklus perjalanan kuasa Allah dan alam semesta dimana para filsuf semestinya bisa menemukan atas kuasa dan kekuatan yang terkandung didalamnya. Suatu kekuatan akhir jaman yang akan melengkapi siklus perputaran Alam semesta dalam mengelola tatanan berbangsa dan bernegara adalah kekuatan O. Kekuatan alam semesta yang ruanglingkunya mengungkap kebesaran Allah melalui alam semesta dengan 360 derajat sama dengan mengungkap rahasia shalat 5 Waktu yang meliputi jumlahnya juga 360 derajat. Ada apa didalamnya pada kekuatan O. Ada tapi tiada, tiada tapi ada inilah pengingkaran para ilmuan dimasa sekarang membuang diawal tapi mengambil diakhir contoh. 1 – 9 dan 10 diakhir diambil pada hal diawal dibuang. Tidak ada 10 kalau tidak ada 0 tidak ada seratus kalau tidak ada 0 nol. Tioei Eistein tentu sudah menjadi nyata hari ini dan tulisan sayapun ini juga sekedar ikut meramaikan suasana tulisan pk. Dr. Sudiman Muhammadiyah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

%d blogger menyukai ini: