Keren, Duta Besar Jerman untuk Indonesia, Ina Lepel menyambangi Sekolah Menengah Kejuruan Kehutanan Negeri Makassar, beralamat di Jalan Perintis Kemerdekaan, Km. 17,5 Makassar Provinsi Sulawesi Selatan Indonesia, pada Kamis, 26 Januari 2023.

Kepala SMK Kehutanan Negeri Makassar beserta pegawai menyambut hangat kedatangan rombongan Dubes Jerman untuk Indonesia.

Sesampainya di halaman SMK Kehutanan Negeri Makassar dilakukan prosesi pengalungan selendang khas Toraja simbolisasi selamat datang,  selanjutnya rombongan tersebut berkeliling di SMK Kehutanan Negeri Makassar.

Kerennya, Diplomat perempuan kelahiran Cuxhaven, Jerman, pada 18 April 1962 ini lebih senang berjalan kaki dari Balai Pelatihan Lingkungan Hidup dan Kehutanan Makassar menuju SMK Kehutanan Negeri Makassar, yang jarak tempuhnya tidaklah terlalu jauh.

Ia merupakan perempuan pertama yang menjabat Duta Besar (Dubes) Jerman untuk Indonesia. Madam Ina Lepel memang bukan orang baru dalam dunia diplomasi. Sebelumnya ia pernah menjabat sebagai Duta Besar Jerman di Pakistan (2015-2017) dan Jepang (2019-2021).

Sesampainya di SMK Kehutanan Negeri Makassar, Ina Lepel melihat langsung kegiatan di kelas, aktivitas anak didik melakukan subkultur anggrek di Laboratorium Kultur Jaringan, persemaian permanen, dan fasilitas praktek berbasis teknologi.

Ina Lapel tak lupa menyempatkan menyapa dan berdialog dengan peserta didik dan guru yang sedang beraktivitas.

Dari venue tim Adiwiyata beserta pengurus Bank Sampah SMK Kehutanan Negeri Makassar, Dubes Jerman untuk Indonesia mengunjungi pengelolaan sampah terpadu dan melihat karya dari olahan limbah sampah karya anak didik dan hasil penukaran sampah berguna dari warga kompek dan anak didik di Bank Sampah sekolah.

Ina Lepel, cukup tertarik dengan SMK Kehutanan Negeri Makassar terutama dari visi sekolah dan sistem pendidikan yang diterapkan, serta berharap SMK Kehutanan Negeri Makassar kedepan lebih maju berkembang.

Kapusdiklat KLHK yang turut mendampingi memberikan satu kata yang positif untuk semua yaitu “semangat”.

“Kunjungan ini tak terlupakan. Perlu diketahui ini kunjungan pertamakalinya oleh seorang Duta Besar Negara lain di SMK Kehutanan Negeri Makassar,” ungkap Kapusdiklat.

Hadir mendampingi Konsulat Jerman di Makassar, dari Pusat Pengendalian Pembanguna Ekoregion Sulawesi Maluku dan GIZ Forclime.

(Visited 58 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.