Oleh: Ghinda Aprilia

Tanggal 23 Agustus 2022, sudah berseliweran berita di medsos bahwa hari Kamis tanggal 25 akan terjadi badai Ma On. Sisi positif dari medsos jadi tahu berita-berita terkini termasuk kabar akan datangnya badai topan. Sepertinya kami harus selalu berdamai dengan fenomena alam yang satu ini setiap tahun menyapa kami.

Sebagai pembantu rumah tangga, tentu menjadi rutinitas saya untuk mempersiapkan keperluan saat badai. Orang Hong Kong, sudah tradisi jika ada topan seolah-olah takut kelaparan. Padahal biasanya fenomena alam ini cuma satu hari. Saya inisiatif belanja untuk dua hari padahal kulkas super kecil.

“Ghinda, beli sayur yang banyak,  Kamis ada TaiFung,” pesan singkat voice mail di WhatsApp, ya singsang tidak bisa bahasa Inggris atau ngetik dalam bahasa Inggris kecuali kata “Ok.”

Sesuai titahnya, sore itu saya belanja. Ternyata selain harganya sudah mahal, juga di pasar Sham Shui Po lantai dua, jam 14.30 sayuran nyaris habis, bahkan ada beberapa gerai yang sudah tutup.

24 Agustus, masih menambah belanjaan sayuran dan ayam untuk persiapan. Paginya masih topan signal 1 dan pukul 12.20 ada berita di TV sudah menunjukkan signal 3. 

Langsung saya kirim pesan gambar pemberitahuan Typhoon 3 dan tuan menyuruh saya menjemput Sailo lebih awal. Cuaca menyengat hingga 34 derajat, hampir saja saya membatalkan puasa.

Jam 18.00 sudah mulai terasa angin yang suaranya mirip kolecer tertiup angin kencang.

“Nguing-nguing,” begitupun suara kipas angin di toilet suaranya membuat telinga berdengung.

Tuhan Pun pulang lebih awal jam 19.00 sudah sampai rumah, lumayan bisa rehat lebih awal.

Semua jendela harus tertutup dan terkunci.

Walau malam ini sudah diniatkan untuk tidak sahur, karena sudah kebiasaan jam tiga tetap bangun. Suara angin di luar masih tetap bergemuruh.

Tetap beraktivitas pagi menyiapkan sarapan pagi yang tidak seperti biasanya yaitu pisang goreng dan mie goreng. Tuan begitu bangun dan sikat gigi langsung melahap sarapan yang sudah saya hidangkan.

“Tumben tuan mau makan pisang goreng sebanyak itu,” gumamku dalam hati.

“Ghinda, sekarang sudah TaiFung 3, saya mau  berangkat kerja,” kata tuan seraya kemas-kemas untuk persiapan kerja.

“Haha, sudah super sibuk beli makanan untuk persediaan beberapa hari, dia malah pergi, dasar orang Hong Kong takut kelaparan,” Saya nyerocos dalam benak.

Hebatnya Hong Kong walau topan sering menyapa, pemerintah selalu waspada meminimalisir kemungkinan-kemungkinan yang akan terjadi.

Yuk simak informasi dari HKFP oleh Almond Li ;

Sinyal badai No. 8 diangkat saat Badai Tropis Parah Ma-on mendekat ke Hong Kong

Ma-on diperkirakan berada paling dekat dengan Hong Kong pada Kamis pagi, ketika akan melewati jarak 200 meter dari kota, “menjadi ancaman besar bagi wilayah itu,” menurut Observatorium.

Sinyal badai No. 8 telah dikeluarkan, saat Badai Tropis Parah Ma-on mendekati Hong Kong. Itu adalah sinyal T8 kedua tahun ini.

Observatorium Hong Kong menaikkan peringatan pada pukul 19:25 pada hari Rabu, karena Ma-on berpusat di sekitar 310 kilometer tenggara Hong Kong. “Ini berarti angin dengan kecepatan rata-rata 63 kilometer per jam atau lebih diperkirakan,” kata Observatorium.

Ma-on diperkirakan berada paling dekat dengan Hong Kong pada Kamis pagi, ketika akan melewati jarak 200 meter dari kota, “menjadi ancaman besar bagi wilayah itu,” menurut Observatorium. Sinyal T8 akan tetap berlaku hingga setidaknya pukul 6 pagi pada hari Kamis.

Hujan deras dan badai petir diperkirakan terjadi, sementara penduduk didesak untuk menjauh dari garis pantai.

Peringatan cuaca yang sangat panas diberlakukan untuk sebagian besar hari Rabu, dengan suhu mencapai tertinggi sekitar 33 derajat Celcius sebelum angin kencang. Hembusan angin yang mencapai 101 kilometer per jam tercatat sebelum pukul 18.30 di Green Island di lepas pantai Kennedy Town.

Sinyal angin kencang no. 3 dikeluarkan pada 12:40 pada hari Rabu.

Resiko banjir

Dalam jumpa pers pada Rabu sore, Observatorium mengatakan gelombang badai itu bertepatan dengan pasang surut astronomis, yang meningkatkan risiko banjir di beberapa daerah.

“Di bawah pengaruh gelombang badai dan pasang tinggi astronomis, ketinggian air sekitar 1 meter di atas ketinggian pasang normal diperkirakan terjadi di Quarry Bay antara pukul 5 pagi dan 9 pagi besok. Tingkat air yang tinggi dapat menyebabkan banjir di dataran rendah dan daerah pesisir,” kata Pejabat Ilmiah Senior Or Ming-keung.

Pihak berwenang juga memperingatkan potensi banjir serius dan arus balik pasang surut di daerah dataran rendah di Tai O, karena permukaan laut di sana mungkin naik hingga 3 meter di atas permukaan normal atau lebih sekitar pukul 6 pagi besok. Pusat koordinasi darurat di Kantor Komite Pedesaan Tai O diaktifkan.

Angkutan

Perusahaan bus, termasuk NWFB dan Citybus, serta KMB dan LWB, mengumumkan pada Rabu malam bahwa sebagian besar layanan akan ditangguhkan mulai pukul 10 malam, dan bahwa semua layanan semalam akan berhenti beroperasi.

Sebelum T8 dikeluarkan, MTR mengatakan akan meningkatkan frekuensi layanannya untuk memenuhi permintaan penumpang.

Perusahaan feri mengumumkan bahwa sebagian besar layanan akan dihentikan segera setelah sinyal No. 8 dinaikkan.

Penutupan Sekolah

Kelas di taman kanak-kanak, sekolah untuk anak-anak penyandang cacat ditangguhkan pada hari Rabu. Pengumuman itu datang sedini 10:30, ketika sinyal siaga No.1 diberlakukan.

Pantai Utama Stanley

Departemen Layanan Kenyamanan dan Budaya mengumumkan bahwa layanan penyelamatan jiwa di pantai Teluk Hap Mun dan pantai Trio di Distrik Sai Kung ditangguhkan. Bendera merah, yang memperingatkan orang agar tidak berenang, dikibarkan di beberapa pantai, termasuk di Deep Water Bay, Silverstrand, Stanley, Shek O, Repulse Bay, Hung Shing Yeh, Cheung Chau Tung Wan dan Pui O.

Otoritas Rumah Sakit mengatakan semua klinik malam rawat jalan umum akan ditutup, tetapi layanan kecelakaan dan darurat tetap seperti biasa.

Departemen Kesejahteraan Sosial mengumumkan bahwa semua unit layanan kesejahteraan, semua pusat penitipan anak, pusat yang menyediakan program perawatan setelah sekolah, pusat layanan lanjut usia dan unit rehabilitasi harian termasuk lokakarya terlindung, pusat layanan rehabilitasi kejuruan terpadu, pusat pelatihan kejuruan terpadu, dan pusat kegiatan sehari-hari akan menjadi tertutup.

Departemen Dalam Negeri, sementara itu, mengaktifkan hotline 24 jam bagi masyarakat untuk bertanya tentang topan.

Sinyal Topan 8

Saat sinyal No. 8 dikeluarkan, angin kencang atau badai mempengaruhi, atau diperkirakan akan mempengaruhi, Hong Kong.

Observatorium Hong Kong akan membuat pengumuman khusus dalam waktu dua jam sebelum sinyal dikibarkan. Sebagian besar kantor dan bisnis kemudian akan tutup dan orang-orang tanpa alasan khusus untuk tetap berada di luar diharapkan untuk pulang.

 Semua kelas sekolah dan sebagian besar layanan pemerintah akan dihentikan.

Layanan feri akan memberikan pemberitahuan kapan mereka akan berhenti beroperasi, sementara sebagian besar rute bus akan berhenti dalam waktu dua jam setelah sinyal dikeluarkan.

Kereta MTR akan berjalan normal kecuali kondisi cuaca memburuk.

Warga harus kembali ke rumah atau tinggal di tempat yang aman, dan menghindari daerah dataran rendah yang kemungkinan akan terendam banjir. Tempat penampungan sementara akan dibuka di gedung-gedung pemerintah untuk orang-orang yang tidak memiliki tempat perlindungan yang aman.

Semoga di manapun berada sahabat-sahabat saya di Hong Kong selalu ada dalam lindungan-Nya. Aamiin.

(Visited 27 times, 1 visits today)

By Ghinda Aprilia

Sebaik-baik hidup bisa berguna untuk diri sendiri dan orang lain.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

%d blogger menyukai ini: