Samarinda, ibu kota provinsi Kalimantan Timur, adalah destinasi yang menawarkan pesona unik dengan sungai-sungai indah yang melintasi kota dan keindahan alamnya yang memukau. Dari kehidupan sungai yang khas hingga tempat-tempat budaya yang menarik, Samarinda memiliki daya tarik yang tak terlupakan.

wikipedia

Warkop Madju Kota Samarinda kota Tepian (Teduh Rapi, Aman dan nyaman).

Kota Samarinda memiliki beberapa warung kopi (warkop) legendaris, satu di antaranya adalah Warkop Madju.


Untuk menjawab rasa penasaran saya, begitu menginjakkan kaki di kota Samarinda tempat yang pertama jadi sasaran saya adalah pasar pagi tepatnya Samarinda Kota, Pasar Pagi, JL. Panglima Batur 7 RT 008, simpang empat Pasar Pagi Samarinda., Kalimantan Timur
Kedai ini antik karena mengandalkan alat masak dan furniture zaman dulu.


Tidak hanya soal fisik, Warkop Madju Samarinda juga memiliki rasa yang otentik. Minuman serta makanan olahan warkop ini telah terjaga sekian lama, itulah sebab disebut legendaris.

Secara usia, warkop legendaris
Secara usia, warkop legendaris Madju ini telah berdiri sejak 1970-an di Samarinda.

Artinya makanan dan minumannya telah menyapa masyarakat sekira setengah abad.
Warkop Madju menyediakan berbagai hidangan bercita rasa otentik yang dibuat sendiri.

Samarinda, tempat indah yang menyimpan memori manis di setiap sudutnya.

sudirmanmuhammadiyah

Seperti kopi tubruk, teh susu, roti bakar selai sarikaya, roti telur, dan telur ayam kampung setengah matang. Teh susu asli Samarinda yang rasanya seperti teh tarik era 1960 hingga 1970-an adalah minuman khas wisata kuliner Sungai Mahakam.


Menu populer untuk sarapan adalah roti telur dan roti selai sarikaya yang dibakar dengan bara api arang. Untuk yang menginginkan hidangan berkuah panas, tersedia juga coto Makassar dan soto Banjar.


Meskipun bukan masakan asli Samarinda, coto Makassar dan soto Banjar ini sudah lama menjadi menu andalan wisata kuliner Sungai Mahakam.


Yang paling recommeded untuk dicoba tentu saja teh susu asli Samarinda. Konon, teh susu ini adalah suguhan minuman berkelas tinggi pada zaman dulu, yang biasanya disajikan untuk tamu istimewa, tamu penting, atau tamu terhormat.


Cara membuatnya masukkan bubuk daun teh (loose leaf yang potongan daunnya kecil-kecil) ke dalam kain penyaring. Lalu, diseduh dengan air panas rebusan baru, diamkan/rendam 3-4 menit.
Setelah direndam atau didiamkan, lalu tuang ke cangkir.

Terakhir tambahkan susu kental manis yang banyak. Ya, rasanya memang manis karena itulah rasa yang original seperti yang narasikan Adelina dalam insidepontianak(3 maret 2024).
Hari hari berikutnya saya terus menelusuri sudut sudut kota ini yang terus bergeliat dalam roda pembangunan yang terus bersolek menuju kota metropolitan sebagai pintu gerbang Ibukota Negara.
Kota ini saya berkunjung waktu selesai S1 tahun 1996, masih bujangan hari ini tepat 23 Juni 2024 aku berdiri di pinggir sungai mahakam melihat mobilitas pengangkut batubara yang menuju laut lepas untuk diolah atau menuju suatu tempat yang entah kemana, 30 tahun lalu itu juga kusaksikan, betapa banyak produk bumi Borneo yang terkuras. yang seharusnya membuat wilayah ini kaya sekayanya dan masyarakatnya semakin sejahtera. Samarinda : sama rendah dalam peradaban yang juga bermakna tatanan kemasyarakatan yang egaliter dan berkeadilan.
“Bergerak Bersama, Samarinda Makin Maju” adalah penggalan semangat yang mendorong semua untuk lebih berkontribusi dalam pembangunan Kota Samarinda secara maksimal, dengan bekerja secara bersama.
Wallahu Alam bisawab.

Segala kerinduan akan Samarinda membludak seiring waktu.Samarindu 30 tahun bukan waktu singkat

jenderal sdm


Samarinda, 26 Juni 2024.


Dr. Sudirman. S. Pd., M. Si.
Penggiat Sosial Media.

(Visited 55 times, 1 visits today)
Avatar photo

By Sudirman Muhammadiyah

Dr. Sudirman, S. Pd., M. Si. Dosen|Peneliti|Penulis| penggiat media sosial| HARTA|TAHTA|BUKU|

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.