Oleh : Serka Irwan, S.H*

Sikap disiplin di sekolah merupakan hal yang penting dalam menunjang keberhasilan pendidikan. Tata tertib diterapkan di sekolah agar guru dan peserta taat pada aturan-aturan tersebut. Penerapan sikap disiplin ini untuk meningkatkan kualitas dalam proses belajar mengajar agar lebih baik sehingga menghasilkan anak didik yang terampil, mampu mengendalikan diri, mengarahkan dan menempatkan diri sebagai seorang siswa.

Kondisi yang kompleks pada kehidupan sosial masyarakat termasuk di dalamnya lingkungan sekolah, komando kewilayahan melalui Babinsa dengan pembinaan teritorialnya (Binter) hadir dalam berbagai lini kehidupan sosial masyarakat. Salah satu kegiatan Pembinaan teritorial(Binter) yaitu Pembinaan perlawanan wilayah(Binwanmil) yaitu melaksanakan upacara bendera bersama guru dan siswa di sekolah-sekolah yang ada di wilayah teritorinya. Hal ini dilakukan agar dapat bersosialisasi tentang wawasan kebangsaan.

Bertindak selaku pembina upacara pada kegiatan upacara bendera Senin, 3 Juni 2024 di SDN 142 Barru Desa Kupa, Babinsa menyampaikan tentang tema kedisiplinan. Kedisiplinan ditanamkan sejak dini mulai dari tingkat SD, dilakukan secara bertahap untuk mengembangkan pengendalian dan pengarahan diri pada masing-masing siswa. Pendisiplinan ini tidak terlepas pula dari bimbingan dari guru di sekolah dan orang tua pada saat di rumah. Kedisiplinan dapat dikatakan suatu hal yang merepotkan dan terikat, namun suatu dasar dan rasa tanggung jawab mendukung pencapaian secara optimal dalam proses belajar .

Sikap disiplin ini cukup sederhana dilakukan seperti contoh; mengatur waktu jam berapa harus bangun tidur, hadir di sekolah tepat waktu dan mengikuti pelajaran dengan tertib dalam ruang kelas.Disiplin untuk melatih diri agar teratur dan terarah mengefesienkan waktu dengan tidak menunda-nunda suatu pekerjaan yang telah direncanakan.Hal ini menunjukkan produktivitas, motivasi serta memperkuat karakter diri .

Dengan menerapkan cara hidup disiplin yang didasari oleh kemauan dan kesadaran dari dalam diri akan menjamin terciptanya pengendalian dan rasa tanggung jawab, percaya diri serta membentuk sikap empati, saling menghormati dan menghargai kepada sesama.

Kupa,3 Juni 2024

*Babinsa Desa Kupa

*Koramil 1405-05/Mallusetasi Kodim 1405/Parepare

(Visited 20 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.